Anthoni Salim-DCII Bangun Lagi Data Center, Ini Lokasinya

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 19:35 WIB
Anthoni Salim
Anthoni Salim/Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

PT DCI Indonesia Tbk (DCII) kembali membangun hyperscale data center yang kedua. Sebelumnya perusahaan sudah membangun data center terbesar di Asia Tenggara bersama dengan Anthoni Salim.

Emiten yang sahamnya sudah naik nyaris 14.000% dari harga IPO itu belakangan ini memang menarik perhatian pelaku pasar. Salah satunya karena menilai bisnis perusahaan terkait data center memiliki potensi sangat besar di masa depan.

Secara resmi perusahaan mengumumkan pembangunan lokasi kedua hyperscale data center kampus DCI di Kawasan Pertiwi Lestari Industrial Estate Karawang.

"Dengan ini DCI memiliki dua lokasi data center yakni di Cibitung dan Karawang dengan jarak di atas 30 kilometer, yang tentunya memiliki kualitas operasional global yang setara. Dengan demikian, DCI mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan di tengah percepatan digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan hyperscale data center campus dengan total kapasitas lebih dari 1.000 megawatt," kata CEO DCI Indonesia Toto Sugiri dalam keterangan tertulis, Senin (21/6/2021).

Lokasi hyperscale data center campus kedua DCI dinamakan H2, yang saat ini sudah memasuki tahap akhir pembangunan (topping off) dan rencananya beroperasi di kuartal IV-2021.

DCII juga akan mulai menggunakan renewable energy dalam mengoperasikan seluruh gedung data centernya. Harapannya, industri data center Indonesia akan semakin tangguh dan siap bersaing secara global menyambut geliat ekonomi digital di Asia Tenggara yang semakin bertumbuh pesat.

Gedung data center H2 ini merupakan wujud dari kerja sama strategi jangka panjang antara DCI sebagai pengoperasi data center dan Anthony Salim sebagai asset owner.

(das/ara)