RUPSLB BRI Tanpa Agenda Pengunduran Ari Kuncoro

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 22 Jul 2021 15:36 WIB
Logo Bank BRI
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI tidak memasukkan pengunduran diri Ari Kuncoro dalam mata agenda acara. Sebab, surat pengunduran Ari baru diterima hari ini.

Demikian disampaikan Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB, Kamis (22/7/2021).

"Yang jelas pengundurannya kami terima dari Kementerian BUMN hari ini. Jadi surat pengunduran dirinya ditujukan Menteri BUMN. Dari Menteri BUMN menyurati kepada BRI untuk melakukan tindak lanjut secara administratif sesuai ketentuan," katanya.

"Karena sesuai ketentuan, sesuai prosedur tidak memungkinkan mengubah agenda RUPS dalam hitungan hari, paling tidak dibutuhkan 45 hari. Maka dalam agenda rapat ini hanya tunggal satu menyetujui rencana penerbitan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu," tambahnya.

Ari Kuncoro yang menjabat sebagai Rektor UI menjadi sorotan belakangan ini terkait soal rangkap jabatan. Masalah rangkap jabatan ini kemudian tambah heboh karena adanya perubahan aturan Statuta UI yang tak lagi melarang rektor rangkap jabatan. Para akademisi mengkritik perubahan aturan itu.

"Problem utama terkait dengan kasus Rektor UI adalah bagaimana aturan hanya bersifat prosedur tanpa makna. Semakin menguatkan keyakinan bahwa ada invisible hand yang jauh lebih berkuasa dari aturan yang ada di sekitar kita. Ini sekali lagi akan membuat rakyat hilang kepercayaan," kata Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Prof Firman Noor, Rabu (21/7/2021).

Kontroversi perubahan Statuta UI ini meluas. Firman memandang tak hanya bisa menghilangkan kepercayaan rakyat, perubahan Statuta UI tersebut juga bisa kian menguatkan pandangan miring terhadap penguasa.

"Dan makin menguatkan pandangan bahwa segalanya mungkin dan boleh manakala terkait dengan kepentingan kaum penguasa," ujar pria yang juga mengajar di UI ini.

Tonton video 'Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Komisaris BRI':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)