Tahun Lalu Rugi, Indosat Kantongi Laba Rp 5,6 T di Semester I-2021

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 18:40 WIB
Operator seluler Indosat Ooredoo
Foto: Indosat Ooredoo
Jakarta -

PT Indosat Tbk (ISAT) mencatatkan laba bersih di semester I-2021 sebesar Rp 5,6 triliun. Berbanding terbalik dengan kondisi periode yang sama di tahun 2020 yang rugi hingga ratusan miliar.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan, Indosat Ooredoo secara konsisten mencatatkan kinerja keuangan yang kuat melalui eksekusi yang berfokus pada strategi transformasi.

"Pada paruh pertama tahun ini, kami berhasil mencapai pertumbuhan top-line yang solid, meneruskan tren pertumbuhan pendapatan yang secara konsisten mengungguli industri. Kami juga mencatatkan EBITDA yang unggul, dengan pertumbuhan dua kali lebih cepat daripada pendapatan, di atas semua itu kami juga berhasil mencatatkan laba bersih yang cukup baik," kata Al-Neama dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Total pendapatan Indosat Ooredoo meningkat 11,4% year-on-year (YoY) menjadi Rp 14,98 triliun. Pendapatan seluler naik 11,3% (YoY) menjadi Rp 12,4 triliun.

Selain itu, bisnis B2B Enterprise juga menunjukkan kinerja yang kuat, dengan peluang yang muncul termasuk IoT, IT Services, Cloud, dan Security, membantu memberikan pertumbuhan pendapatan 16,5% (YoY), menjadi Rp 2,65 triliun.

Pihaknya mencatat, EBITDA meningkat 24,8% (YoY) mencapai Rp 6,78 triliun, merupakan EBITDA semester pertama tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh kombinasi pertumbuhan top line dan efisiensi biaya yang berkontribusi terhadap pertumbuhan 4,8% pada margin EBITDA year on year, mencapai 45,2% di semester I-2021.

Pada kuartal II-2021, Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertamanya di kota Solo. Layanan 5G merupakan langkah selanjutnya dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada masyarakat di Indonesia.

"Di tengah situasi yang penuh tantangan ini, kami bangga terhadap dukungan berkelanjutan dari pelanggan setia dan seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu untuk mempertahankan tren pertumbuhan Indosat Ooredoo," imbuhnya.

"Kami menyadari peran penting Perusahaan untuk membantu orang-orang tetap terhubung, dan tetap berkomitmen penuh untuk menyediakan produk digital yang dibutuhkan masyarakat di seluruh Indonesia untuk mendukung kehidupan sehari-hari mereka, sambil tetap aman dengan beraktivitas dari rumah," tutup Al-Neama.

(ara/ara)