Dua Pendiri Google Jual Saham Rp 14,5 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 12:37 WIB
Bukannya terkesima atau takjub saat melakukan test drive pada mobil listrik Tesla, dua pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin malah dibuat kecewa. Apa sebabnya?
Foto: Pool (Business Insider)
Jakarta -

Dua pendiri Google sekaligus pemegang saham pengendali Alphabet Larry Page dan Sergey Brin menjual lebih dari US$ 1 miliar saham gabungan atau setara dengan Rp 14,5 triliun (asumsi kurs Rp 14.500).

Keduanya menjual saham seri A dan C sejak bulan Mei lalu. Dikutip dari CNBC disebutkan total penjualan Brin lebih dari US$ 610 juta dan penjualan Page lebih dari US$ 462 juta.

Sebelumnya Brin dan Page sudah menjual saham pada 2017 lalu.

Saat ini kinerja saham perseroan tercatat cukup baik. Saham Alphabet Class A naik lebih dari 50% tahun ini dan berhasil melampaui Nasdaq Composite dan saham raksasa teknologi lainnya seperti Amazon dan Apple.


Page dan Brin mendirikan Google pada 1998 dan mereka menjadi pemegang saham mayoritas yakni 51%. Keduanya merupakan salah satu orang terkaiya di dunia.Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet pada akhir 2019 dan menyerahkan kendali kepada Sundar Pichai sebagai CEO. Pada saat yang sama, Sergey Brin juga mengundurkan diri sebagai pimpinan di Alphabet.

Sejak pengunduran diri mereka, keduanya jarang muncul di publik. Hanya saja Brin sempat muncul di toko ritel pertama Google di New York minggu ini. Kemudian Page menghabiskan banyak waktu di kapal pesiarnya di Kepulauan Fiji selama pandemi.



Simak Video "Pulau Fiji Jadi Tempat Persembunyian Pendiri Google Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)