Tahun Emas Bursa Negeri K-Pop! Duit IPO Terkumpul Rp 198 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 10:47 WIB
bursa korea selatan kospi korsel
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) lagi ramai di pasar saham Korea Selatan (Korsel). Perusahaan raksasa ramai-ramai jual saham di Negeri K-Pop tahun ini.

Menurut laporan Yonhap Agency, Senin (6/9/2021) beberapa IPO telah melampaui level tertinggi sebelumnya. Sementara beberapa penawaran besar lainnya dijadwalkan akan dilakukan pada sisa tahun ini.

Tercatat, sebanyak 73 perusahaan telah mengumpulkan 16,1 triliun Won atau sekitar Rp 198 triliun (kurs Rp 12,30) bila digabungkan saat melakukan listing di lewat bursa Korea Exchange (KRX).

Jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat dari capaian tahun lalu yang hanya menghimpun 5,9 triliun Won atau sekitar Rp 72,5 triliun yang dikumpulkan melalui IPO.

Bahkan capaian tahun ini telah memecahkan rekor tertinggi sebelumnya yaitu 10,1 triliun Won atau sekitar Rp 124 triliun pada dana himpunan dari IPO di tahun 2010.

Beberapa perusahaan yang tercatat menghimpun dana besar misalnya pengembang game Krafton Inc. Perusahaan ini mampu mengumpulkan 4,3 triliun Won dari IPO bulan lalu.

Lihat juga video 'Harga Emas Masih Loyo':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut ke halaman berikutnya