Siap-siap! Anak Usaha Telkom Bakal Cetak 2 Unicorn Baru

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 16:47 WIB
Logo Telkom
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

MDI Ventures tengah menyiapkan 2 investee untuk menjadi unicorn atau perusahaan dengan nilai valuasi mencapai US$ 1 miliar. Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) itu juga menargetkan bisa mendapatkan dana kelola hingga US$ 900 juta atau setara Rp 12,78 triliun (kurs Rp 14.200) tahun ini.

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setiawan Wijaya mengakui isu yang beredar, bahwa MDI Ventures tengah mempersiapkan 2 perusahaan rintisan untuk menjadi unicorn dalam waktu dekat ini.

"Memang kita harapkan akan ada 2 investee lagi yang akan menjadi unicorn. Pada saat ini kita belum bisa publish namanya. Tapi for sure itu sudah ada dalam pipeline kami," ucapnya dalam acara Public Expose Live 2021, Senin (6/9/2021).

Budi menjelaskan MDI Ventures tahun ini menargetkan dana kelolaan sekitar US$ 900 juta. Namun dana itu tidak seluruhnya berasal dari internal perusahaan, sekitar US$ 200 juta akan berasal dari investor eksternal.

"MDI dipercaya investor lain untuk kelola uang itu baik investor dalam negeri maupun investor luar," tambahnya.

Budi menegaskan bahwa MDI dalam melakukan investasi ke perusahaan-perusahaan rintisan mempertimbangkan dengan baik dari sisi risikonya. Termasuk mempertimbangkan pendapat dari dewan expertise.

"Kemudian kita harapkan nantinya dana kelolaan ini akan tumbuh terus lebih besar dari pada dana yang sekarang. Tapi yang tidak kalah pentingnya bagaimana start up-start up dikelola MDA ini bisa memberikan manfaat bagi Telkom Grup secara keseluruhan. Makanya yang kami lihat synergy value," tutupnya.

Lihat juga Video: Heboh Abdee Jadi Komisaris, Ahmad Dhani Berkaca pada Henk Ngantung

[Gambas:Video 20detik]




(das/eds)