Pabrik Kapal Hyundai Mau IPO, Berapa Harga Sahamnya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 10:55 WIB
bursa korea selatan kospi korsel
Ilustrasi Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Pabrikan kapal asal Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries Co bakal segera melantai di bursa Korea Exchange (KRX). Hyundai Heavy juga telah mengumumkan harga sahamnya untuk penawaran umum perdana alias IPO bulan ini.

Dilansir dari Yonhap Agency News, Selasa (7/9/2021), Hyundai Heavy menetapkan harga penawaran umum perdana pada 60.000 won atau sekitar Rp 735 ribu per saham (kurs Rp 12,25).

Harga yang dipatok ini telah mengukur permintaan dari investor institusi pekan lalu. Hyundai Heavy menargetkan penarikan dana sebesar 1,08 triliun won atau sekitar Rp 13,23 triliun melalui debutnya di KRX.

Rencananya, Hyundai Heavy akan mengalokasikan 55% atau sekitar 9,9 juta saham kepada investor institusi. Debut IPO Hyundai Heavy sendiri direncanakan akan dilakukan pada 16 September mendatang.

Sementara itu keuntungan yang didapatkan dari IPO ini akan digunakan untuk mengembangkan kapal ramah lingkungan, kapal canggih autonomus, dan membangun galangan kapal pintar. Hyundai Heavy juga memiliki rencana membangun pabrik produksi hidrogen lepas pantai.

Rinciannya, 310 miliar won akan diinvestasikan dalam pengembangan kapal ramah lingkungan dan kapal otonom, dengan 320 miliar won untuk galangan kapal pintar yang berbasis teknologi IT. Kemudian, 130 miliar won lainnya untuk pabrik produksi hidrogen lepas pantai.

Lihat juga Video: Canggih! Ini Aksi Robot Hyundai yang Dibawa ke Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ang)