Tugas Khusus Erick Thohir buat Telkom & Telkomsel, Ini Rinciannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Sep 2021 18:45 WIB
Logo Telkom
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir buka-bukaan rencana pengembangan bisnis PT Telkom Indonesia. Dia bilang Telkom akan bagi-bagi bisnis dengan anak usahanya, Telkomsel.

Telkom selaku perusahaan induk akan mengurus urusan bussines to bussiness. Mulai dari urusan data center hingga infrastruktur telekomunikasi.

"Karena itu kemarin saya meeting dengan Telkom dan Telkomsel. Jadi, Telkom akan fokus urusan b to b, artinya Tekom akan fokus kepada data center, infrastruktur telekomunikasi seperti jaringan kabel dan lain-lain," ungkap Erick dalam Wealth Wisdom 2021, Jumat (17/9/2021).

Nah sedangkan Telkomsel akan mengurus segala urusan layanan ke konsumen. Hal ini dinilai dapat membuat daya saing Telkom menjadi lebih baik.

"Telkomsel, nantinya dia akan fokus ke urusan consumer. Kenapa begitu? Karena kita mau create competitiveness sebagai bangsa," ungkap Erick.

Erick juga mengatakan akan ada transformasi bisnis yang dilakukan oleh salah satu perusahaan BUMN. Perusahaan itu adalah PFN, alias Perusahaan Film Negara.

Perusahaan ini akan menjadi perusahaan pembiayaan film, tidak lagi memproduksi film. Hal ini menurutnya sudah dilakukan di berbagai negara, Korea Selatan misalnya.

"PFN juga signifikan, ini akan jadi lembaga pembiayaan film. Kita mau bangun ekosistem supaya industri dan ekonomi kita tumbuh," ungkap Erick.

(hal/hns)