Saham Teknologi Berdarah-darah, Facebook Anjlok 4,9%

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 08:47 WIB
Jakarta -

Saham sektor teknologi tengah mengalami sesi terburuk hari ini. Hal ini disebabkan sejumlah masalah di Amerika Serikat (AS), mulai dari belanja negara yang tidak menentu, tingginya utang AS, hingga raksasa teknologi Facebook yang tumbang selama berjam-jam.

Dikutip dari The Straits Times, Selasa (5/10/2021) Nasdaq Composite Index yang kaya akan perusahaan teknologi mencatat kerugian besar, sahamnya tercatat turun 2,1% ke angka 14.255,48. Dow Jones Industrial Average turun 0,9% menjadi 34.002,92, sedangkan S&P 500 secara keseluruhan jatuh 1,3% menjadi 4.300,46.

Untuk saham Facebook, merosot 4,9% setelah platform utama, aplikasi berbagi foto Instagram dan WhatsApp mengalami down selama berjam-jam. Belum diketahui penyebabnya, pihak Facebook mengonfirmasi memang adanya gangguan akses untuk penggunanya.

Saham sejumlah perusahaan lain juga mengalami penurunan. Amazon, Netflix, dan induk Google Alphabet semuanya kehilangan sekitar 2% atau lebih.

Negeri Paman Sam ini memang tengah diterpa sejumlah masalah. Yang paling ramai dan menjadi sorotan dunia, AS punya utang segunung. Bahkan ada perkiraan negara itu terancam gagal bayar utang.

Kemudian, rencana pembangunan infrastruktur yang diserukan Presiden AS Joe Biden juga menghadapi rintangan yang signifikan. Sebab, banyak pihak yang menentang sebagian besar rencana tersebut.

Di sisi lain, perusahaan-perusahaan sektor minyak bumi bergairah. Seperti ConocoPhillips sahamnya naik 2% dan Devon 5,3% karena melonjaknya harga minyak.

(fdl/fdl)