Trading Saham Bakal Bisa Pakai Robot, BEI Lagi Godok Aturannya

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 12 Okt 2021 09:59 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mempersiapkan penyempurnaan aturan lanjutan mengenai pemanfaatan robot trading untuk transaksi saham di pasar modal.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan, sebenarnya saat ini BEI sudah memperbolehkan Anggota Bursa (AB) menggunakan fitur automated ordering.

"Termasuk di dalamnya adalah DMA atau Direct Market Access dan/atau algoritma trading yang bahasa populernya sering disebut sebagai Robot Trading," tuturnya.

Namun untuk menerapkan robot trading, AB harus menyampaikan terlebih dahulu pola penyampaian order secara elektronik yang akan digunakan kepada BEI. Setelah mendapatkan persetujuan dari BEI baru robot trading itu bisa diterapkan.

Meski begitu, Laksono mengatakan BEI tengah mengevaluasi pola penyampaian order pada fitur automated ordering tersebut. Tujuannya untuk memitigasi order yang disampaikan tidak akan menimbulkan manipulasi terhadap pasar.

"Saat ini bursa sedang menyempurnakan pengaturan terkait hal tersebut yang akan diatur lebih lanjut pada peraturan III-K tentang fasilitas pesanan langsung dan/atau penerapan automated ordering oleh Anggota Bursa yang akan dilengkapi dengan panduan teknis terkait dengan hal tersebut," ucapnya.

Laksono menjabarkan pengaturan pada panduan tersebut mencakup mekanisme penyampaian order, ketentuan bahwa order tersebut tidak boleh memanipulasi pasar dan pelaksanaan risk manajemen AB termasuk tanggung jawab dan kewajiban bagi AB untuk melakukan monitoring terhadap order yang bersifat otomatis.

"Serta kewajiban AB memiliki PIC yang melakukan monitoring tersebut," tutupnya.

(das/ara)