Naik 112%, Saham ATAP 'Dipelototi' BEI

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 12:34 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di zona merah. IHSG cenderung bergerak di teritori negatif sepanjang perdagangan hari ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Saham PT Trimitra Prawara Goldland Tbk (ATAP) dicap sebagai saham yang bergerak di luar kewajaran atau unusual market activity (UMA). Penyebabnya karena saham ini tiba-tiba bergerak liar dan menguat hingga 112%.

Melansir keterbukaan informasi, Rabu (3/11/2021), BEI menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham ATAP yang di luar kebiasaan.

Meski begitu pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundangundangan di bidang Pasar Modal.

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham ATAP tersebut, BEI menyatakan sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

Jika dilihat dalam chart, saham ATAP tiba-tiba bergerak liar pada pertengahan Oktober lalu. Padahal sebelumnya saham ATAP relatif tidak bergerak, hanya berada di level rP 100 selama hampir 5 bulan.

Tiba-tiba pada 21 Oktober saham ATAP ditutup di level Rp 99. Keesokan harinya langsung menguat ke level Rp 133.

Kemudian pada penutupan kemarin saham ATAP berada di level Rp 210. Jika dihitung dari posisi 21 Oktober maka saham ATAP hingga posisi kemarin sudah menguat 112%.

(das/fdl)