APLN Lunasi Kupon Obligasi US$ 300 Juta, Kinerjanya Membaik?

ADVERTISEMENT

APLN Lunasi Kupon Obligasi US$ 300 Juta, Kinerjanya Membaik?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 17:04 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di zona merah. IHSG cenderung bergerak di teritori negatif sepanjang perdagangan hari ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) telah melakukan pembayaran kupon obligasi US$ 300 juta yang jatuh tempo pada 2 Desember. Pembayaran dilakukan Senin 29 November 2021.

Pembayaran kewajiban ini merupakan bukti komitmen tinggi APLN terhadap kreditur, sejalan dengan kebangkitan kembali sektor properti ditengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini.

Corporate Secretary APLN Justini Omas mengungkapkan di tengah tantangan dan sinyal kebangkitan sektor properti, Agung Podomoro selalu menjunjung tinggi komitmen terhadap kreditur, konsumen dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.

"Pembayaran bunga obligasi tepat waktu ini juga menjadi bukti bahwa fundamental perusahaan terus membaik," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (30/11/2021).

Dia mengungkapkan keputusan pemerintah melakukan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada kuartal IV-2021 ini juga telah mendorong aktivitas bisnis di berbagai unit usaha APLN terus meningkat. Penjualan properti di berbagai proyek existing maupun baru telah melampaui capaian tahun lalu.

Sampai kuartal III-2021, perseroan mencatat penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp2,91 triliun, naik daripada periode sama 2020 sebesar Rp 2,88 triliun. Adapun pengakuan penjualan mencapai Rp 2,19 triliun, tumbuh dibandingkan kuartal III-2020 sebesar Rp 2,11 triliun.

Perseroan di periode ini mencatat laba kotor sebesar Rp 1,05 triliun dengan margin laba kotor 34,9%. Total marketing sales APLN selama sembilan bulan pertama 2021 mencapai Rp 1,33 triliun. Dari total penjualan itu sebanyak 83% berasal dari penjualan properti di Podomoro Park Bandung, Podomoro City Deli Medan, Pakubuwono Spring, Grand Taruma (Karawang) dan Podomoro Golf View Cimanggis.

"Kami terus mempercepat pembangunan berbagai proyek properti untuk mengoptimalkan insentif PPN yang berlaku sampai Desember tahun ini. Ketersediaan unit-unit rumah susun siap huni juga mendorong penjualan APLN semakin tinggi. Ini terjadi seperti di proyek Podomoro City Deli Medan," jelas Justini.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT