Tips Main Saham Buat Para Newbie, Yuk Simak!

ADVERTISEMENT

Tips Main Saham Buat Para Newbie, Yuk Simak!

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 15:56 WIB
PT Bumi Sepong Damai Tbk (BSDE), membuka bursa perdagangan IDX di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/06/2016).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Bagi kebanyakan orang, cara main saham merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang masih baru di bidang perinvestasian ini.

Saham memang menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menggiurkan bagi pemula. Pasalnya, saham merupakan produk investasi yang menawarkan potensi keuntungan dengan persentase yang cukup tinggi.

Namun agar dapat mengetahui cara main saham pemula yang baik dan bijak, kamu perlu lebih dulu meyakinkan diri kamu bahwa apakah saham merupakan instrumen investasi yang tepat untuk Anda lakukan saat ini.

Pasalnya, cara main saham pemula juga membutuhkan komitmen yang kuat, karena saham biasanya dijadikan sebagai sarana investasi jangka panjang. Demi memberi gambaran yang jelas terkait cara main saham bagi pemula, melansir dari situs CIMB Niaga, berikut langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan saat memulai berinvestasi saham sebagai pemula:

1. Pahami ilmu dasar saham
Dalam memulai cara main saham bagi pemula, kamu terlebih dahulu perlu memahami ilmu dasar mengenai investasi saham itu sendiri. Terkait ilmu dasar seham, Anda akan menemukan istilah-istilah teknis yang akan membingungkan awalnya.

Kamu perlu mengenali terlebih dahulu perihal pengertian saham sebelum bermain saham. Sebab pada akhirnya kamu perlu mengetahui hal-hal dasar saat kamu memulai cara main saham

2. Pelajari analisis saham
Sebagaimana yang kamu ketahui dalam cara main saham pemula, kamu akan terus menemukan pergerakan saham akan terus berubah setiap detiknya. Bagi beberapa orang awam, faktor penentuan pergerakan saham tersebut dianggap jadi hal yang misterius.

Nyatanya, jika kamu mencoba untuk menjalankan cara main saham, kamu akan menemukan bahwa analisis mendalam bisa membantu kamu dalam menentukan pergerakan saham tersebut. Mempelajari analisis saham bukanlah hal yang bisa kamu lakukan dalam waktu yang singkat.

Alangkah baiknya bila kamu mulai berinvestasi saham dengan melibatkan broker yang lebih paham dan berpengalaman. Tentu saja Anda perlu membayar jasa broker tersebut, namun apa yang akan kamu keluarkan nantinya akan menghadirkan nilai yang setimpal.



Simak Video "Awas! Gelombang Ganas PHK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT