ADVERTISEMENT

Aksi 'Coba-coba' Erdogan Bikin Lira Turki Bak Roller Coaster

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 10:00 WIB
President of Turkey Recep Tayyip Erdogan makes a statement after chairing the cabinet meeting in Ankara, on December 14, 2020. (Photo by Adem ALTAN / AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Foto: AFP/ADEM ALTAN
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan 'coba-coba' menjinakkan inflasi dengan memangkas suku bunga acuan hingga membuat nilai tukar lira terendah sepanjang tahun. Meski pun, saat ini kurs mata uang tersebut telah menguat lagi berkat kebijakan terbaru yang diambil.

Pergerakan lira dalam beberapa minggu terakhir ini bak roller coaster. Lira awalnya melesat lebih dari 20% terhadap dolar Amerika Serikat (AS), tetapi setelahnya jatuh lebih dari 6% dan dalam tiga hari terakhir ini meroket lebih dari 36%.

Erdogan mengatakan pemerintah akan menjamin simpanan masyarakat Turki dengan memberikan kompensasi atas dampak depresiasi lira.

Analis memperingatkan kebijakan baru tersebut dapat merugikan Pemerintah Turki secara besar-besaran. Ekonom Turki sekaligus Analis GlobalSource Partners, Atilla Yesilada mengecam keputusan tersebut.

"Tolong jangan minta saya untuk membuktikan bumi tidak datar setiap hari," kata Yesilada dikutip dari CNN, Jumat (24/12/2021).

Awal mula ketidakstabilan lira dikarenakan sikap Erdogan yang kerap mengintervensi kebijakan moneter bank sentral. Dirinya bahkan memecat petinggi bank sentral dan menteri keuangan Turki yang tidak sepaham dengannya.

Ada campur tangan asing? Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT