Tak Cuma di ASEAN, Citi Juga 'Angkat Kaki' dari Bisnis Konsumer di Meksiko

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 10:45 WIB
Citibank
Foto: Dok. Citibank
Jakarta -

Citi baru saja mengumumkan melepas bisnis consumer banking-nya di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam kepada UOB Group. Sebelum langkah tersebut dilakukan, Citigroup juga sudah melepas bisnis consumer banking-nya di Meksiko.

Melansir CNN, Jumat (14/1/2022) Citigroup keluar dari bisnis consumer banking-nya di Meksiko sebagai bagian dari strategi perubahan besar-besaran yang dilakukan perusahaan di bawah CEO Jane Fraser.

Citi telah mengumumkan keputusan perusahaan untuk keluar dari bisnis consumer banking, UMKM di Meksiko yang dikenal sebagai Banamex pada Selasa kemarin. Citi sendiri telah beroperasi di Meksiko selama lebih dari satu abad.

Meski begitu Citi menegaskan mereka akan tetap ada secara institusional di negara itu dan hanya fokus pada klien perbankan swastanya.

Sejak menjabat sebagai CEO Citi pada Maret tahun lalu, Fraser memang telah berusaha untuk merampingkan operasi bank dan meningkatkan kepercayaan investor setelah bertahun-tahun dianggap salah urus dan skandal.

Fraser melepaskan sebagian besar operasi perbankan konsumen Citi di Asia untuk lebih fokus pada klien kaya dan bisnis kartu kredit bank. Bisnis Meksiko yang divestasi Citi dari menyumbang sekitar US$ 3,5 miliar pendapatan dalam tiga kuartal pertama tahun 2021.

"Strategi penyegaran yang telah dilakukan Citi akan menghasilkan bank yang lebih kuat dan lebih fokus," kata Mark Mason, kepala keuangan Citi

(das/fdl)