4 Tips Trading yang Harus Diketahui Pemula, Siap Cuan di Era Pandemi

Advetorial - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 14:59 WIB
Trading
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Artikel ini merupakan artikel sponsor kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. detikcom tidak bertanggung jawab atas setiap transaksi maupun kerugian yang mungkin terjadi dari penggunaan platform tersebut.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Trading menjadi salah satu investasi yang kini diminati banyak orang. Bahkan, saat ini trading tak hanya dilakukan oleh para pakar keuangan dan broker, melainkan muda-mudi.

Di tengah pandemi, aktivitas trading pun ikut meningkat. Dilansir dari CNBC, Trader telah menjadi sangat populer di seluruh dunia sejak awal pandemi virus Corona. Aktivitas trading pun meningkat pada kuartal pertama tahun 2020 dibandingkan dengan 2019, menurut data yang dianalisis oleh Cerulli Associates.

Berdasarkan analisis terhadap sekitar 500 investor, pialang menemukan 15% dari investor ritel saat ini mulai bermain di pasar pada tahun 2020. Adapun hal ini disebabkan oleh berbagai hal salah satunya perkembangan teknologi dan digitalisasi yang memudahkan investasi trading. Terlebih saat ini telah hadir aplikasi trading seperti Oxtrade yang memperluas peluang investasi bagi para pemula hingga profesional.

Meski saat ini trading menjadi investasi yang mudah dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para trader. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 tips yang bisa diaplikasikan saat trading.

Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci yang perlu dimiliki trader pemula dan profesional. Dalam hal ini, Anda perlu pastikan untuk tetap berada di jalur dan rencana, bahkan jika terus mengalami kerugian beruntun yang tak bisa dihindari. Selain itu, Anda juga perlu memiliki sikap disiplin dalam mempelajari metode trader. Seorang trader perlu memiliki rutinitas. Anda harus tahu kapan harus menganalisis pasar hingga bagaimana meninjau aktivitas trading.

Buat Rencana & Tinjau Kinerja

Seorang trader perlu memiliki rencana trading terlebih dahulu. Anda bisa menulis rencana trading dan kemudian menunggu harga yang cocok. Selain itu, cobalah juga untuk membuat jurnal semua aktivitas trading dan lakukan peninjauan kinerja Anda selama ini. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk belajar dari kesalahan.

Selalu Update Rencana Trading

Pasar keuangan tentunya akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, selalu update atau perbarui rencana trading Anda setiap minggu atau bulan. Anda dapat memasukkan strategi atau ide baru dan menghilangkan yang buruk. Anda juga bisa membuat strategi agar terhindar dari kerugian. Bacalah rencana tersebut setiap kali Anda jatuh atau mengalami kerugian dan mencari cara untuk keluar.

Perhatikan Peringatan

Kerugian saat trading biasanya jarang terjadi tanpa adanya peringatan teknis. Namun, beberapa trader kerap mengabaikan peringatan tersebut. Oleh karena itu, perhatikan tanda-tanda awal saat kondisi pasar berubah dan menciptakan risiko pada posisi Anda. Pastikan untuk selalu mengontrol risiko tersebut.

Dalam trading, memilih aplikasi trading yang terpercaya tentunya juga jadi hal penting. Sebagai perusahaan broker, Oxtrade membuka peluang bagi calon trader untuk berinvestasi dengan mudah.

Oxtrade juga menyediakan saldo senilai US$ 1.000 bagi para trader pemula maupun profesional yang ingin membuat akun demo hanya dengan mendaftar di Oxtrade. Menariknya lagi, Anda juga dapat memilih beberapa metode pembayaran untuk penarikan dan deposit dana dengan minimal Rp 10 ribu

Bagi para pemula, Oxtrade memiliki tampilan yang ramah pengguna dengan menampilkan multi chart, analisis teknis, kutipan historis dan lainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk memonitor aktivitas trading di berbagai perangkat. Bukan hanya itu, Oxtrade kini juga sudah dapat digunakan di Windows, MacOs, Web, dan smartphone.

Untuk para trader profesional, Oxtrade juga memberikan layanan tingkat broker Amerika dan Eropa dengan platform kelas dunia. Melalui platform ini, pengguna dapat memperoleh layanan trading komisi yang berkualitas tinggi, termasuk tutorial tingkat profesional, layanan analitis, dan dukungan klien.

Selain itu, Oxtrade telah bekerja sama dengan klien di seluruh dunia dengan memberikan jaminan yang menguntungkan dan akses ke pasar keuangan dunia. Oxtrade juga telah memiliki sertifikat CROFR, menjadikannya pialang ternama di CIS. Dengan adanya sertifikat ini, semua risiko klien akan dijamin sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

(ads/ads)