Mantan Istri Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp 121 T, Duitnya Buat Ini Nih!

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 12:35 WIB
MacKenzie Scott
Foto: istimewa
Jakarta -

MacKenzie Scott yang merupakan mantan istri dari salah satu orang terkaya dunia, Jeff Bezos, menjual 2,5 juta saham Amazon di 2021. Saham yang dia jual di raksasa ritel online itu harganya mencapai US$ 8,5 miliar atau Rp 121 triliun.

Dikutip dari laman Forbes, Senin (14/02/2022), mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos itu, menerima 25% saham Amazon miliknya, setelah perceraian antara keduanya pada pertengahan 2019 lalu.

Pada Mei 2019, tak lama setelah dia mengumumkan perceraiannya di Twitter, ia memutuskan untuk menandatangani Giving Pledge, dan berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya selama hidupnya.

Scott juga diketahui telah menyumbangkan dana miliaran dolar ke berbagai badan amal, dan seringnya ia enggan untuk mengatakan putaran donasi terakhirnya. Seperti halnya pada Desember 2021 lalu, Scott menolak untuk untuk tidak menyebutkan jumlah uang yang ia sumbangkan.

"Berapa banyak atau sedikit uang yang berpindah tangan tidak menjadikannya filantropi," tulis Scott dalam sebuah unggahan blog berjudul No Dollar Signs This Time.

Kekayaan bersih Scott berada pada angka US$ 49,9 miliar atau setara Rp 515 triliun. Sekitar 14,9 juta saham milik Bezos itu termasuk dalam sahamnya di Amazon, dimana 12,7 persen dari seluruh saham. Secara total, Bezos memiliki 64.823.570 saham Amazon.

MacKenzie Scott merupakan seorang penulis yang dikenal dermawan. Hingga saat ini, ia telah menerbitkan dua novel. Dulunya, Scoot pernah menjadi mahasiswa Toni Morrison di Princeton dan bekerja sebagai asisten peneliti.

Pertemuan MacKenzie Scott dan Jeff Bezos

Pertemuan Scott dan Bezos bermula saat mereka sedang bekerja di hedge fund DE Shaw di tahun 1992. Mereka menikah pada tahun 1994 dan memilih untuk pindah ke Seattle, AS.

Namun, sayangnya pernikahan mereka hanya berlangsung selama 25 tahun saja, sebelum memutuskan untuk bercerai.

Scott kini telah menikah lagi, sementara Bezos masih menjalin hubungan dengan kekasihnya Lauren Sanchez, seorang mantan reporter berita televisi.

MacKenzie Scott dikenal Sebagai Dermawan

Selain penulis, Scott juga dikenal sebagai dermawan. Pada tahun 2020, dia mengumumkan hadiah lebih dari $5,8 miliar kepada sekitar 500 organisasi nirlaba di tengah pandemi COVID-19

Selain itu, pada Juni 2021, Scott juga mengatakan dia telah memberikan US$ 2,74 miliar lagi untuk 286 grup. Scott memberikan kekayaan itu "tanpa pamrih".

Dia juga sering merilis surat publik yang mengumumkan pemberiannya selama enam bulan sebelumnya dan menjelaskan mengapa dia memilih untuk menyumbang untuk tujuan dan organisasi tertentu.

Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh

Hebatnya, MacKenzie Scott juga masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Alasan kuat dibalik masuknya Scott dalam daftar tersebut adalah karena ia telah memberikan US$ 8,6 miliar kekayaannya untuk amal, termasuk US$ 2,7 miliar pada tahun ini saja.

Tonton juga Video: Mengintip Properti Baru Jeff Bezos di Pulau Maui Hawaii

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)