Penawaran Harga Saham GoTo Vs Bukalapak, Beda Jauh

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 12:25 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
GoTo Mau Jual Saham/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

GoTo, PT Goto Gojek Tokopedia akan melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). IPO ini tentu saja ditunggu-tunggu usai IPO PT Bukalapak.com Tbk.

Dikutip dari prospektus ringkas perusahaan, perusahaan menawarkan sebanyak-banyaknya 52 miliar saham seri A yang seluruhnya saham baru. Jumlah tersebut mewakili sebanyak-banyaknya 4,35% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Saham tersebut ditawarkan dengan harga Rp 316 hingga Rp 346 per saham. Dana yang bisa dihimpun dari aksi korporasi ini sebanyak-banyaknya sebesar Rp 17,99 triliun. Adapun jadwal sementara untuk IPO ini yakni 15-21 Maret masa penawaran awal. Kemudian, 25 Maret perkiraan tanggal efektif.

Perkiraan masa penawaran umum perdana saham GoTo 29-31 Maret, perkiraan masa penjatahan 31 Maret, perkiraan distribusi saham secara elektronik 1 April, dan perkiraan tanggal pencatatan di BEI 4 April.

Penjamin pelaksana emisi efek yakni PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Kemudian, penjamin emisi efek PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Nilai Inti Sekuritas.

Penawaran saham GoTo ini lebih kecil dibandingkan dengan penawaran saham Bukalapak saat mau IPO lalu. Pada saat ini IPO, Bukalapak melepas 25,76 miliar saham atau sebanyak 25%. Harga saham yang ditawarkan dalam IPO yakni sebesar Rp 750 hingga Rp 850 per saham.

Dari aksi korporasi tersebut, Bukalapak menargetkan meraup dana Rp 21,9 triliun. Jadi, harga penawaran saham dan target IPO GoTo lebih kecil dibandingkan Bukalapak.

Simak Video: GoTo Akan IPO, Ini Kata Analis

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)