Apa itu Investasi? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

ADVERTISEMENT

Apa itu Investasi? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 20:45 WIB
Ilustrasi investasi
Investasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Investasi adalah salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Investasi juga biasa disebut dengan penanaman modal.

Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan investasi disebut dengan investor.

Dikutip dari buku 'Dasar-Dasar Manajemen Investasi' karya Nila Firdausi Nuzula dan Ferina Nurlaily, dalam pengertian lain, investor adalah pihak yang melakukan investasi dengan membeli aset keuangan dan mengharapkan kenaikan harganya pada saat ia akan menjual asetnya.

Investor digolongkan menjadi dua, yaitu investor individual dan investor institusional yang biasanya terdiri dari badan, perusahaan, maupun lembaga.

Lalu, apa Itu investasi?

Pengertian Investasi

Berikut adalah pengertian investasi menurut beberapa ahli dan lembaga:

1. Reilly & Brown

Investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan di hari yang akan datang.

2. Bodie, Kane, & Marcus

Investasi merupakan kesediaan seseorang mengalokasikan uang atau sumber daya berharga nya saat ini dan menahannya hingga waktu yang ditentukan agar menerima keuntungan (laba) di kemudian hari.

3. Dornbusch

Investasi adalah pengeluaran yang disediakan untuk meningkatkan atau mempertahankan komponen-komponen barang modal.

4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi adalah penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang, untuk pengadaan pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Jenis Investasi

Ada berbagai bentuk atau jenis investasi. Beberapa Jenis investasi adalah:

Investasi Properti

Investasi properti adalah investasi berbentuk fisik. Secara umum, Investasi properti bisa sangat menguntungkan, karena harganya akan terus meningkat setiap tahun. Contoh investasi properti adalah membeli tanah, dan membeli rumah yang kemudian bisa dijual atau disewakan.

Investasi Emas

Emas adalah bentuk investasi termudah yang paling klasik. Investasi emas bisa berupa logam mulia, perhiasaan, emas batangan dan voucher emas (emas digital).

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dana bersama para pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

Investasi Deposito

Investasi deposito digunakan jika uang yang ada ingin disimpan dalam jangka waktu cukup panjang. Jangka waktu deposito antara 3 sampai 12 bulan. Jenis Deposito yang biasa dipilih generasi milenial adalah deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call.

Investasi Saham

Saham adalah tanda kepemilikan dalam suatu perusahaan. Semakin tinngi risiko suatu saham, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan, sehingga diperlukan kemampuan analisa ketepatan untuk penempatan modal untuk investasi.

Investasi Cryptocurrency

Saat ini Cryptocurrency atau mata uang kripto semakin dikenal masyarakat untuk dijadikan jenis investasi. Cryptocurrency tidak memiliki nilai wajar yang jelas. cara termudah untuk melakukan adalah membeli coin. Coin terbaik adalah coin yang digunakan oleh banyak orang saat ini dan memiliki potensi yang lebih massive di masa depan, demikian dikutip dari buku 'Momento Teknik Trading Cryptocurrency' oleh Alief K.

Contoh Investasi

Contoh investasi misalnya pada jenis properti. Pada 2015 Asri membeli rumah di perumahan Nusa di Bekasi seharga Rp 200 juta, dengan maksud untuk investasi tanpa di huni. Kemudian, setelah 7 tahun tepatnya 2022 rumah di perumahaan tersebut sudah diharga Rp 500 jutaan aja, maka keuntungan investasi yang di dapat Asri jika menjual rumah tersebut di tahun 2022 adalah sebesar Rp 300 jutaan.

Itu tadi penjelasan tentang investasi adalah, jenis, dan contohnya. Semoga menambah pengetahuan detikers ya!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT