ADVERTISEMENT

Dorong Pertumbuhan Investor Muda, Ajaib Dukung Simulasi Trading BEI

Zefanya Aprilia - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 14:20 WIB
Ajaib
Foto: Ajaib
Jakarta -

Ajaib turut mendukung Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengedukasi investor Tanah Air, khususnya investor muda. Ajaib bekerjasama dengan BEI dalam menjalankan inisiatif literasi keuangan guna untuk mendorong pertumbuhan investor pasar modal.

Melalui sosialisasi lewat Sekolah Pasar Modal (SPM) di beberapa cabang IDX di Indonesia, Ajaib turut aktif mensosialisasikan pengaplikasian IDX Virtual Trading, perangkat dan alat simulasi trading sebagai sarana edukasi yang dapat digunakan oleh calon investor sebelum menjadi investor.

Rangkaian aplikasi ini terdiri dari tiga kelompok, yakni aplikasi untuk belajar dan simulasi transaksi online, aplikasi untuk membuka rekening online dan terakhir aplikasi untuk bertransaksi online.

Inisiatif ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang signifikan. Sepanjang tahun 2021, tercatat investor di pasar modal juga melonjak cukup signifikan menjadi 7,5 juta yang naik 93% dibanding 2020, dimana angka tersebut didominasi oleh kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun.

Melalui edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga ikut naik. Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia, Anna Lora menuturkan, Ajaib terus senantiasa bersinergi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk meningkatkan literasi keuangan.

"Pasalnya, penyuluhan edukasi keuangan dan investasi terutama kepada generasi muda sangat penting untuk mendukung masa depan perekonomian masyarakat, sehingga diharapkan dapat semakin menumbuhkan semangat berinvestasi generasi muda di pasar modal serta menciptakan generasi yang lebih melek investasi," kata Anna melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi PT Bursa Efek Indonesia, Fithri Hadi mengungkapkan jumlah investor muda Tanah Air semakin bertambah pasca dirilisnya aplikasi IDX Virtual Trading.

"Sejak diluncurkannya Aplikasi IDX Virtual Trading untuk investor atau calon investor yang ingin belajar dan latihan bertransaksi saham, tren kenaikan investor di pasar modal Indonesia khususnya investor generasi muda terus naik secara pesat," ungkap Fithri.

Ia juga berharap akan semakin banyak calon investor muda yang memanfaatkan Virtual Trading sebagai sarana belajar dan edukasi serta lebih memotivasi generasi muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi kemajuan pasar modal Indonesia termasuk ekonomi nasional.

Sebagai catatan, berkat kegiatan edukasi masif yang dilakukan oleh BEI bersama seluruh stakeholders pasar modal Indonesia, berbagai pencapaian signifikan telah diperoleh. Beberapa rekor yang tercapai sepanjang tahun 2021 di antaranya adalah peningkatan jumlah SID saham maupun SID pasar modal, peningkatan jumlah investor yang aktif bertransaksi, peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi dan nilai transaksi, bahkan kepemilikan saham tahun ini yang semakin didominasi oleh investor domestik.

(ega/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT