Besok Ada Emiten Baru, Yuk Kepoin Prospeknya

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 24 Apr 2022 23:00 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada penutupan perdagangan di BEI Jumat (19/11). IHSG berada pada level 6.720,26.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Besok PT Indo Boga Sukses Tbk atau IBOS resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Pada masa penawaran umum, IPO IBOS mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribe 17,1X.

Direktur Utama IBOS Edi Nugroho mengatakan Selama masa penawaran umum IBOS mencatat Total seluruh pemesanan saham masyarakat mencapai hingga setengah triliun rupiah atau tepatnya sebesar Rp 545 miliar dari saham yg ditawarkan yang hanya sebesar Rp 160,7 miliar.

"Tentunya hal ini sangat luar biasa melihat minat investor untuk berinvestasi pada saham IBOS. Apalagi kami yang bergerak di sektor industri food and beverage mempunyai prospek yang cerah kedepan, yang diiringi dengan mulainya era kebangkitan restauran tahun ini," kata Edi dalam keterangan resminya dikutip Minggu (24/4/2022).

Edi menambahkan, sebelumnya perusahaan bersama dengan underwriter dalam masa penawaran umum mematok harga IPO pada range atas sebesar Rp100 per saham.

"Dengan suksesnya kami menyelesaikan masa penawaran umum kami, tentunya pada listing Senin depan harapannya listing IBOS akan berjalan dengan mulus dan baik," tambah Edi.

Perlu diketahui Perseroan menawarkan sebanyak 1.607.360.000 saham baru dengan nilai nominal Rp25 per saham atau sebanyak 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Jumlah seluruh nilai penawaran umum adalah Rp160,73 miliar.

Sebagai pemanis, Perseroan menerbitkan sebanyak 803.680.000 waran seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 12,5% dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham. Setiap pemegang dua saham baru perseroan berhak memperoleh satu Waran Seri I dimana setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Adapun waran dapat diexercise menjadi saham mulai bulan ke 6 hingga bulan ke 24 sejak listing perdana Senin nanti. Dengan harga pelaksanaan waran yakni sebesar Rp 180.

(das/dna)