BEI Awasi Ketat Saham GOTO, Ada Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 17 Mei 2022 13:23 WIB
Podcast: Menakar Cuan Saham GoTo
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengalami penurunan yang sangat dalam. Bahkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menempatkan saham GOTO dalam daftar saham yang bergerak di luar kewajaran atau unusual market activity (UMA).

BEI mengumumkan saham GOTO masuk UMA pada akhir pekan kemarin. Alasannya karena penurunan saham GOTO yang dinilai di luar kewajaran.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan harga saham GOTO yang di luar kebiasaan," bunyi pengumuman BEI dikutip, Selasa (17/5/2022).

BEI menegaskan pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Meski begitu BEI menyatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham GOTO. Para investor pasar modal pun diminta untuk berhati-hati.

Investor diimbau untuk memperhatikan jawatan perusahaan atas permintaan konfirmasi BEI terkait hal tersebut. Pelaku pasar juga diminta untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat tersebut beserta keterbukaan informasinya.

Saham GOTO sendiri hari ini bergerak di zona hijau. Hingga jeda sesi I tercatat saham GOTO naik 4,12% ke level Rp 202.

Namun dalam 8 hari perdagangan sebelumnya, saham GOTO anjlok berturut-turut. Bahkan 7 hari perdagangan saham secara berturut-turut saham GOTO turun hingga menyentuh batas paling bawah dalam sehari sekitar 6% lebih setiap harinya.

Artinya saham GOTO selama 7 hari beruntun mengalami auto reject bawah (ARB).



Simak Video "Cerita Driver 001 Gojek Dapat Saham IPO GoTo"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)