Kevin Aluwi Jadi Komisaris GoTo, CEO Gojek Diduduki Andre Soelistyo

Dea Duta Aulia - detikFinance
Senin, 06 Jun 2022 18:12 WIB
Andre Soelistyo, Gojek
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Co-founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi akan segera menjabat sebagai komisaris GoTo. Pengesahan jabatan baru tersebut menunggu keputusan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan berlangsung pada 28 Juni 2022 mendatang.

Nantinya posisi CEO Gojek yang sekarang dijabat oleh Kevin Aluwi akan diisi oleh Andre Soelistyo yang saat ini menjabat CEO GoTo. Andre yakin penunjukan Kevin Aluwi sebagai komisaris GoTo akan membawa dampak positif terhadap perusahaan tersebut.

Menurutnya, Kevin merupakan sosok pemimpin yang bisa membawa perusahaan dari fase pertumbuhan menjadi lebih besar.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas peran dan kepemimpinan Kevin dalam membawa perusahaan melalui berbagai fase pertumbuhan hingga menjadikan Gojek sebagai platform teknologi kelas dunia yang beroperasi di Indonesia dan Asia Tenggara," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

Andre menambahkan, Kevin memiliki peran yang begitu penting dalam mengembangkan Gojek. Sebab ia mampu mengarahkan hingga mengembangkan bisnis Gojek bahkan ketika pandemi COVID-19 melanda.

"Saya yakin dalam kapasitasnya sebagai komisaris nanti, pengalaman dan keahlian Kevin dalam melahirkan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas akan terus memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan GoTo ke depan," kata Andre.

Terkait kabar penunjukan dirinya sebagai komisaris, Kevin Aluwi mengatakan dirinya telah memiliki sejumlah rencana kerja, salah satunya mengembangkan kendaraan listrik dan memperkuat kolaborasi dengan sejumlah pihak.

"Pengembangan kendaraan listrik di Gojek sebagai bagian dari komitmen perusahaan menuju 'nol emisi' pada 2030. Kevin juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama yang fokus pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang terintegrasi dan holistik di Indonesia," kata Kevin.

Kevin merasa optimistis terhadap masa depan Gojek. Sebab Gojek telah didukung dengan tim solid, terbentuknya GoTo, dan sudah melantai di bursa.

Secara angka, Kevin menjabarkan Gojek telah mencetak kinerja yang sukup ciamik di awal tahun 2022 ini. Perusahaan tersebut mendapatkan peningkatan pendapatan kotor sebesar 58% di Q1-2022.

"Saya sangat optimistis mengenai masa depan Gojek," kata Kevin.

Kevin memastikan, ketika ditunjuk sebagai komisaris, dirinya akan terus berupaya untuk mendukung GoTo menghadirkan solusi teknologi bagi masyarakat dengan cara memberikan arahan strategis kepada manajemen.

"Di saat yang sama, saya juga akan memiliki waktu lebih untuk mengembangkan minat pribadi di bidang teknologi. Saya sangat ingin membangun teknologi yang bermanfaat yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Area yang saat ini saya ingin kembangkan antara lain web3, gaming dan climate tech," tutup Kevin.

(prf/hns)