ADVERTISEMENT

Wow Kinerja Emiten Perkapalan Cetar Banget, Laba Naik 10 Kali Lipat

Dana Aditiasari - detikFinance
Minggu, 12 Jun 2022 17:15 WIB
Ilustrasi uang rupiah
Ilustrasi Laba (Foto: Getty Images/iStockphoto/Squirescape)

Beberapa langkah strategis telah dilakukan untuk meningkatkan laba Perseroan, diantaranya dengan menambah 11 unit kapal sehingga kapasitas angkut armada Perseroan menjadi 24.673 TEUs atau 373.874 DWT.

"Perseroan juga melakukan akuisisi bisnis depo melalui anak usaha PT Temas Depo, yaitu PT Depo Lautan Nusantara yang bergerak di bidang jasa pengelolaan depo peti kemas dan membentuk usaha patungan (Joint Venture) dengan OOCL Logistics (Hong Kong) Limited pada bulan Juni 2021 dengan nama PT Bunga Plum Logistik, serta pembentukan perusahaan pelayaran baru untuk masuk ke servis internasional untuk barang heavy lift dan bulk," kata Ganny.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Temas Tbk, Faty Khusumo menjelaskan, Perseroan akan melakukan diversifikasi anak usaha, digitalisasi logistik dan terus mengembangkan system "Klik Temas", sebuah system yang dikembangkan untuk proses digitalisasi.

"Sehingga dengan adanya system ini diharapkan customer dapat lebih dimudahkan dalam proses booking muatan sampai kepada proses pengambilan muatan di pelabuhan tujuan," jelas Faty.

Setelah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 dan Luar Biasa, PT Temas Tbk melaksanakan Public Expose Tahunan pada hari yang sama bertempat di Kantor Pusat PT Temas Tbk, Jakarta yang dilaksanakan secara daring dan luring.

Dalam paparan publik tersebut, PT Temas Tbk (TMAS) mencatat pendapatan di Kwartal 1 2022 sebesar Rp 1,17 Triliun.
Pencapaian ini merupakan peningkatan sebesar 37,48% dibandingkan tahun sebelumnya untuk periode yang sama. Melihat indikasi data tersebut, dimana perolehan Kwartal 1 2022 sudah mencapai sekitar sepertiga perolehan tahun lalu, Manajemen cukup yakin bahwa pencapaian tahun 2022 dapat menyamai atau bahkan melewati perolehan tahun 2021.

Prospek bisnis Perseroan pada 2022 akan didukung dengan upaya pengembangan digitalisasi di Temas Group dan meningkatnya volume angkutan peti kemas domestik yang mulai menggeliat ditinjau dari freight. Menurut Faty Khusumo, investasi yang dilakukan pada kuartal 4 tahun lalu diharapkan akan meningkatkan produktivitas serta volume angkutan pada tahun 2022 ini.


(dna/)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT