ADVERTISEMENT

Pemerintah Harapkan Dua Jenis Investor Ini Bisa Selamatkan Garuda

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 11:21 WIB
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) datangkan pesawat Boeing 777-300ER untuk melayani penerbangan haji mulai Agustus 2015. Hari ini maskapai pelat merah itu menerima B777-300ER ketujuhnya di Hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Rachman Haryanto/detikcom.
Ilustrasi Garuda Indonesia. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan melakukan pendekatan dengan investor sebagai upaya untuk menyehatkan maskapai pelat merah tersebut. Ada dua jenis investor yang akan didekati yakni pelaku bisnis maskapai luar negeri dan investor finansial.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pihaknya meyakini Indonesia memiliki penumpang domestik yang kuat. Ia menyebut, Indonesia mungkin salah satu negara dengan lalu lintas domestik yang besar selain Amerika Serikat (AS) dan China.

Di sisi lain, ia melihat banyak pemain maskapai khususnya pemain hub seperti Singapura, Dubai dan Qatar tidak punya pasar penerbangan domestik.

"Ini kita harapkan satu kombinasi yang bagus apabila ada pemain hub yang bisa menjadi investor, kita membawa market domestik yang kuat. Kita cukup optimis bahwa akan ada yang berminat ke sana," katanya dalam konferensi pers, Selasa (28/6/2022).

Soal investor finansial, jelas Kartika, saham Garuda saat di-suspend berada pada level Rp 222 per saham. Ia yakin dengan rencana bisnis yang ada Ebitda Garuda dalam 2-3 tahun ke depan akan lebih baik dan meningkatkan valuasi perusahaan.

"Kami harapkan ada finansial investor juga yang melihat potensi saham Garuda ke depan setelah PKPU dan setelah restrukturisasi ini bisa ter-recover kepada nilai yang sehat lagi," katanya.

"Jadi ada dua jenis investor yang kita dekati," sambungnya.



Simak Video "Wanti-wanti Erick Thohir soal Pengadaan Pesawat Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT