ADVERTISEMENT

KB Bukopin Dapat Suntikan Rp 3 T dari Kookmin Hong Kong, Duitnya Buat Apa?

Dana Aditiasari - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 12:25 WIB
KB Bukopin
Foto: KB Bukopin
Jakarta -

PT Bank KB Bukopin (BBKP) mendapat suntikan Rp 3 triliun dari Kookmin Bank Hong Kong Branch sebagai fasilitas subordinasi. Mengutip keterbuakaan informasi di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/7/2022), pinjaman itu akan dialokasikan oleh perseroan untuk meningkatkan dan memperkuat modal pelengkap (Tier II).

Pinjaman subordinasi tersebut telah diteken pada 29 Juni 2022 dan akan memiliki tenor 7 tahun. Penerimaan pinjaman subordinasi ini sendiri telah direalisasikan pada 30 Juni 2022. Kookmin Bank Hong Kong merupakan cabang Kookmin Bank Co. Ltd. Kookmin Bank Co, pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 67 persen per Mei 2022.

"Transaksi Pinjaman Subordinasi antara Perseroan dengan Kookmin Bank Hong Kong Branch (KBHK) sebagai Transaksi Material merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana dimaksud dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan mengenai Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan," tulis pihak KB Bukopin dalam keterbukaan informasi tersebut.

Dana yang diperoleh KB Bukopin tersebut nantinya akan digunakan untuk mendongkrak, memperkuat modal, dan mendukung rencana bisnis harus mengambil langkah konkret dan meningkatkan modal pelengkap salah satu langkah strategis yang diambil perseroan.

Pinjaman dengan nilai pokok Rp 3 triliun itu dilabeli bunga 8,52 persen per tahun. Berdurasi 7 tahun, pinjaman subordinasi tersebut tanpa jaminan.

Menyusul transaksi itu, perseroan memproyeksi Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) aktual 5,31 persen, selisih kenaikan rasio kecukupan likuiditas alias liquidity coverage ratio (LCR) 38,76 persen, dan selisih kenaikan rasio alias net stable funding ratio (NSFR) sebesar 5,77 persen.

(dna/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT