Pengin Jadi Investor? Perhatikan Ini Dulu Sebelum Buka Rekening Saham

ADVERTISEMENT

Pengin Jadi Investor? Perhatikan Ini Dulu Sebelum Buka Rekening Saham

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 16:26 WIB
Investasi Saham
Foto: Investasi Saham (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Investasi di saham kini menjadi salah satu pilihan yang paling populer. Hal ini berbeda dengan belasan tahun yang lalu. Saat itu saham merupakan instrumen yang sangat eksklusif dan seperti hanya bisa dilakukan olh segelintir orang.

Kini membuka rekening saham bisa dilakukan oleh siapa saja. Sejalan dengan meningkatnya budaya sadar investasi yang ada di masyarakat.

Sebelum membuka rekening saham, calon investor juga harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari legalitas sampai keamanan tempat pembukaan rekening.

Selain itu calon nasabah juga harus melihat berapa minimum setoran yang bisa dilakukan. Pasalnya hal ini harus disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan para pengguna.

Misalnya Stockbit yang tidak memberikan minimum deposit. Lalu Stockbit juga bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) dan Bank Jago untuk pembukaan RDN. Lalu RDN ini juga hanya membutuhkan satu hari kerja.

Lalu calon investor juga harus melihat berapa besaran fee ketika membeli saham. Semakin rendah fee ini maka bisa membuat para penggunanya lebih untung.

Selain itu juga harus dilihat terkait tools analisis saham yang komprehensif dan gratis.

Dengan menggunakan Stockbit Pro, para pengguna dapat mengakses Keystats, Analyst Rating, Intraday Charts, informasi tentang aksi korporasi, dan menggunakan Screener dengan berbagai indikator yang sangat lengkap.

Dengan demikian, di Stockbit seorang pemula pun dapat berinvestasi layaknya profesional atau investor yang sudah berpengalaman.

Kelima, Stockbit Sekuritas sering melaksanakan program promosi sebagai bentuk dukungannya dalam meningkatkan jumlah investor saham di Indonesia sebagaimana yang selama ini dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia. Yang terkini, dari tanggal 6 Juli sampai 6 Oktober 2022, Stockbit memberikan cashback Rp30 ribu kepada pengguna baru Bank Jago yang membuka RDN di Stockbit Sekuritas.

Selain itu, Stockbit juga memberikan cashback biaya broker sebesar 0,0511% (sudah dipotong pajak) untuk setiap transaksi saham di Stockbit Sekuritas selama tiga bulan sejak tanggal pembuatan RDN.

"Beberapa inisiatif yang Stockbit lakukan merupakan wujud komitmen kami dalam menyukseskan program Bursa Efek Indonesia terkait pesan Paham, Punya, Pantau (3P) yang dimaksudkan untuk mengajak masyarakat berinvestasi saham secara benar. Kami ingin memastikan agar transaksi saham dapat masyarakat lakukan dengan mudah, aman, dan dengan biaya yang serendah mungkin di Stockbit," kata William, PR & Corporate Communication Lead Stockbit.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT