ADVERTISEMENT

Inalum Jadi IPO Nggak? Ini Kata Wamen BUMN

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 15:34 WIB
Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengapresiasi penerapan sistem digitalisasi RMS yang dilakukan oleh Pupuk Indonesia.
Wamen BUMN I Pahala Mansury/Foto: Dok. Pupuk Indonesia
Jakarta -

BUMN tambang, yaitu PT Inalum Operating (Persero) dikabarkan akan melakukan menawarkan saham perdana alias initial public offering (IPO). Saat ini Inalum mempersiapkan pemisahan dari fungsi holding atau split off dengan holding pertambangan MIND ID.

Menurut Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury menjelaskan, dalam aksi split-off ini MIND ID selaku holding akan naik ke atas. Sedangkan kegiatan operasionalnya tetap berada di Inalum.

"Saat ini Inalum sama MIND ID kan masih satu, kita mau lakukan seperti dengan kegiatan holding lainya. Holding fokus kepada bagaimana mengelola keseluruhan kegiatan perusahaan-perusahaan yang memang kepada operasionalnya," katanya di Gedung Agro Plaza, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Terkait rencana IPO, Pahala membenarkan ada rencana Inalum menuju ke arah sana. Namun hal ini tergantung dengan kesiapan pasar.

"Nanti kita lihat. IPO kan sudah banyak. Mau sih mau, tapi tergantung kesiapan pasar, timing juga. Kegiatan pasar saat ini kan belum terlalu kondusif. Kita siapkan masuk pasar melalui IPO. tetapi mengenai timingnya yang perlu kita lihat," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Inalum memang dikabarkan akan melakukan IPO. Menurut Direktur Layanan Strategis Mind ID Ogi Prastomiyono pihaknya sedang melakukan pemisahan Inalum dari fungsi holding.

Inalum akan berfungsi sebagai perusahaan operasi dan dengan begitu perusahaan bisa menghimpun dana dari masyarakat.

Seperti diketahui, Inalum sendiri ditunjuk sebagai pemimpin MIND ID yang merupakan holding BUMN industri pertambangan. Ogi mengatakan Inalum akan dipisahkan dari fungsi holding dan menjadi perusahaan operasi di bawah MIND ID.

Nantinya Inalum bakal menjadi anak usaha Mind ID dan berdiri sejajar dengan Antam, Bukit Asam, Timah, hingga Freeport dalam holding tambang.



Simak Video "Pabrik Alumunium di Medan ini Tidak Mengeluarkan Asap Limbah, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT