Perusahaan Sawit Bos Maktour Raup Rp 300 M dari IPO, Mau Dipakai buat Ini

ADVERTISEMENT

Perusahaan Sawit Bos Maktour Raup Rp 300 M dari IPO, Mau Dipakai buat Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 13:35 WIB
Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI, Sunandar, menyerahkan plakat kepada M. Khairnadhif Kasyafillah dari Maktour Group saat pencatatan perdana saham PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) sebagai bagian dari Maktour Group di Main Hall BEI, Selasa (08/11/2022).
Foto: IPO MKTR
Jakarta -

Hari ini perusahaan sawit milik bos Maktour Group, PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan melepas 2,5 miliar saham atau 20,83% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga Rp 120 per saham, MKTR berhasil meraih pendanaan sebesar Rp 300 miliar.

Dari hasil penawaran umum MKTR yang berlangsung sejak 1-4 November 2022 pemesanan IPO mencapai Rp 1,2 triliun atau mengalami kelebihan pemesanan (oversubscribed) 31 kali. Nilai pemesanan saham MKTR ini menunjukkan minat investor yang sangat tinggi untuk berinvestasi pada saham MKTR karena kinerja fundamental dan prospek pertumbuhan MKTR yang baik.

Direktur Utama MKTR, Harry M. Nadir menjelaskan bersamaan dengan saham yang diterbitkan dalam IPO ini, MKTR juga menerbitkan Waran Seri I sebanyak 2.500.000.000 (dua miliar lima ratus juta) secara cuma-cuma kepada para investor dengan rasio 1 saham IPO mendapatkan 1 waran seri I.

Waran Seri I ini nantinya dapat dilaksanakan menjadi saham MKTR dengan harga pelaksanaan Rp 150 per saham, sehingga investor memiliki kesempatan untuk menambah investasinya di MKTR.

"Alhamdulillah, puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT, hari ini MKTR berhasil mencapai milestone baru dan strategis untuk semakin memperkuat dan memperluas bisnis perusahaan. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu kesuksesan IPO MKTR," kata dia, Selasa (8/11/2022).

Dia mengungkapkan IPO ini juga menjadi momen penting bagi MKTR dalam upaya mempercepat pengembangan bisnis dan investasi perusahaan. Sebagai perusahaan publik, MKTR kini memiliki akses keuangan dan jejaring bisnis yang terbuka lebar, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pasar untuk bertumbuh semakin besar.

"Kami telah menyiapkan strategi yang matang dan terintegrasi baik jangka pendek, menengah dan panjang. Melalui pengembangan bisnis yang terukur, prudent, disiplin dalam eksekusi atas semua strategi kami, MKTR menyiapkan diri untuk menjadi perusahaan investasi bidang komoditi terdepan dengan konsep yang ramah lingkungan dan berkesinambungan," tambah Harry.

Bagaimana potensi bisnis MKTR? Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT