Ssstt... Diam-diam Ada Bisnis Kaesang yang Mau IPO

ADVERTISEMENT

Ssstt... Diam-diam Ada Bisnis Kaesang yang Mau IPO

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2022 19:45 WIB
Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep (Foto: Aulia Damayanti/detikcom)
Jakarta -

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep bocorkan soal bisnisnya yang mau melantai di pasar modal Indonesia. Kaesang sendiri memang diketahui memiliki banyak bisnis yang ia jalankan.

Hanya saja, Kaesang enggan memberikan keterangan yang rinci, bisnis mana yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO). Tetapi dia mengatakan ada satu yang telah direncanakan.

"Kita sudah pesan satu tiket, diam-diam saja," katanya setelah konferensi pers Saham Rakyat di Menara Imperium, Kuningan, Rabu (30/11/2022).

Meski sudah ada rencana, menurut Kaesang untuk bisnis melakukan IPO diakui cukup susah. "Pengin, tapi susah. Ntar sabar. Lah kalau sepak bola juga liga aja nggak jalan, bagaimana mau IPO," ucapnya.

Kaesang memiliki deretan bisnis yang dijalankan, berikut ini gurita bisnis anak bungsu Jokowi:

1. Hompimpa Games

Ini adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games. Board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep membawa pesan toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia dengan jenis-jenis permainan tradisional Indonesia.

2. Sang Javas

Selanjutnya ada Sang Javas, merk clothing line dengan gambar kecebong. Gambar Kecebong dalam desain kaosnya menarik perhatian netizen saat kaos ini pertama kali diluncurkan.

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaos terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

3. Sang Pisang

Ini menjadi bisnis yang paling besar milik Kaesang Pangarep yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet.

Diluncurkan pada November 2017, kuliner berbahan baku pisang ini dibangunnya bersama Ansari Kadir. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang.

4. Ternakopi

Selanjutnya adalah bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan Gibran Rakabuming.

5. Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang yang menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

6. Saham Rakyat

Kaesang Pangarep juga mendirikan Saham Rakyat yang awalnya sebuah komunitas saham, saat ini menjadi platform untuk belanja saham atau investasi. Saham Rakyat sendiri dibangun pada 2020 bersama Kevin Hendrawan

Kemudian menjadi platform belanja saham pada 2022 bersama PT Samuel Sekuritas Indonesia. Perusahaan tersebut telah berdiri sejak tahun 1992. Dengan lebih dari 30 tahun pengalaman di Pasar Modal Indonesia, Samuel Sekuritas merupakan partner Warga Cuan yang terpercaya, resmi dan berizin OJK.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT