Memahami Papan Ekonomi Baru di BEI dan Manfaatnya buat Investor

ADVERTISEMENT

Memahami Papan Ekonomi Baru di BEI dan Manfaatnya buat Investor

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 15:20 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada penutupan perdagangan di BEI Jumat (19/11). IHSG berada pada level 6.720,26.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Analis mengapresiasi terobosan baru Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam melakukan klasifikasi saham berdasarkan karakteristik yang spesifik. Papan New Economy atau Papan Ekonomi Baru yang dirilis BEI hari ini (05/12/2022) akan memudahkan investor dan emiten, juga memotivasi lebih banyak lagi perusahaan startup untuk mencari pendanaan melalui pasar modal.

Direktur Equator Swarna Capital Hans Kwee menjelaskan penerapan Papan Ekonomi Baru punya beberapa manfaat bagi investor dan emiten. Papan ini akan memberikan pemahaman kepada pemodal tentang karakteristik khusus sebuah emiten yakni memiliki pertumbuhan tinggi, mengoptimalkan teknologi untuk inovasi dan memacu produktivitas, berdampak pada perekonomian serta memiliki manfaat sosial.

Dengan karakteristiknya ini, kata Hans, investor perlu menyadari bahwa perusahan yang berada di papan ini memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi dan menjadi trend di masa depan. Maka itu, para pembeli saham di Papan Ekonomi Baru ini tidak bisa mengharapkan hasil investasi yang instan dan jangka pendek. "Dengan kata lain saham dalam papan ini cocok untuk investasi jangka panjang," kata Hans.

Hans melanjutkan, manfaat bagi emiten adalah sarana branding sebagai growth company yang prospektif di masa mendatang. Status emiten sebagai penghuni Papan Ekonomi Baru akan menarik perhatian investor institusi ataupun fund manager yang memang memiliki minat tinggi di saham teknologi. "Papan Ini merupakan peluang yang sangat bagus mengingat saham teknologi mulai rebound, seiring perubahan kebijakan suku bunga The Fed yang bakal lebih moderat," kata Hans Kwee.

Manfaat lainnya, keberadaan Papan Ekonomi Baru akan menarik lebih banyak lagi perusahaan sejenis GOTO, BELI dan BUKA untuk melantai di pasar modal.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, mengatakan Papan New Economy merupakan pengakuan dari otoritas bursa tentang sektor bisnis yang telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT