Ogah Kelamaan! Investor Lepas Saham GOTO, Nilainya Tembus Rp 1,7 T

ADVERTISEMENT

Ogah Kelamaan! Investor Lepas Saham GOTO, Nilainya Tembus Rp 1,7 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 20:37 WIB
GoTo
Foto: Dok. GoTo
Jakarta -

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk amblas. Pada penutupan perdagangan hari ini, saham emiten berkode GOTO ini ditutup pada level Rp 115 atau turun sebanyak Rp 8 (6,50%) dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya di level Rp 123 per saham.

Dikutip dari RTI, Selasa (6/12/2022), saham GoTo langsung melemah sejak awal perdagangan. Saham GOTO dibuka di level Rp 115 dan bertahan hingga sesi penutupan.

Total volume transaksi mencapai 190 juta saham dengan nilai transaksi Rp 21,85 miliar saham. Sementara, frekuensi transaksi mencapai 8.529 kali. Kapitalisasi pasar GOTO tercatat Rp 136,20 triliun.

Sementara, dilihat Aplikasi BIONS BNI Sekuritas, banyak investor yang berbondong-bondong ingin melepas saham GOTO. Tercatat, volume saham yang ditawarkan (offer) mencapai 156,15 juta lot saham di harga Rp 115.

Dengan demikian, nilai saham yang akan dilepas investor mencapai Rp 1,79 triliun. Adapun cara menghitungnya adalah jumlah saham di mana 1 lot saham sebanyak 100 saham, dikali dengan harga saham.

Hal itu juga tampak di Aplikasi IPOT, di mana tampak investor ramai menjual sahamnya dengan volume mencapai 156,14 juta lot saham di harga Rp 115.

Sebelumnya, Pengamat Pasar Modal Hans Kwee mengungkapkan anjloknya saham GOTO karena berakhirnya periode penguncian saham atau lock up. Dengan berakhirnya penguncian tersebut, maka pemegang saham 'lama' bisa melakukan transaksi atau menjual saham.

"Kalau saya perhatikan lebih karena lockupnya dibuka ya," ucap Hans kepada detikcom.

Sementara itu, untuk proyeksi saham GOTO, Hans mengatakan bahwa perlu waktu untuk menunggu sampai tekanannya berakhir.

"Saat ini pasar (lagi) panik ya posisinya, tapi ya ke depan pasti berakhir (tekanannya). Tapi di kapan dan di level berapa, saya nggak tahu persis ya itu kan tergantung pasar," tuturnya.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT