Saham GoTo Turun Telkomsel Tetap Cuan, Begini Analisanya

ADVERTISEMENT

Saham GoTo Turun Telkomsel Tetap Cuan, Begini Analisanya

tim detikcom - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 11:02 WIB
Infografis Saham GOTO
Ilustrasi Saham GoTo (Foto: detikcom)
Jakarta -

Penurunan harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai dampak berakhirnya periode lock up pada 30 November lalu terus menjadi perhatian publik.

Salah satu isu yang kembali dimunculkan ke publik adalah turunnya nilai investasi PT Telkomsel di GOTO sebagai dampak penurunan saham tersebut.

"Investasi Telkomsel ini akan selalu dipersoalkan jika saham GOTO turun. Sebaliknya jika harganya naik, dan Telkomsel untung seperti pasca IPO lalu, isu itu menghilang. Padaha jelas sekali investasi Telkomsel untuk tujuan strategis jangka panjang dengan benefit sinergi yang besar, tidak dinilai dari gerakan saham jangka pendek," ujar Fendi Susiyanto, analis saham Finvesol Consulting, Selasa (6/12/2022).

Dari investasinya di GOTO, Telkomsel menyampaikan bahwa perusahaan sudah mendapatkan banyak benefit.

Melalui berbagai sinergi yang dilakukan, pada tahun 2021 nilai bisnis yang diperoleh Telkomsel dari GOTO mencapai Rp 450 miliar. Sementara hingga kuartal I-2022, sejalan dengan banyaknya pengguna Gojek yang memakai produk Telkomsel, nilai sinergi dengan GOTO memberikan pendapatan sebesar Rp 150 miliar.

"Telkomsel tentunya sudah menghitung secara detil risiko dan keuntungan bisnis yang akan mereka peroleh melalui investasi dan sinergi dengan GOTO. Membaiknya perekonomian dan makin tingginya aktivitas transaksi yang terjadi di ekosistem GOTO tentunya juga akan berdampak pada produk-produk Telkomsel. Perlu diingat bahwa digitalisasi dalam setiap transaksi di GOTO basis utamanya adalah telekomunikasi, dan itu adanya di Telkomsel," kata Fendi.

Berdasarkan perhitungan Telkomsel, potensi bisnis yang bisa diperoleh melalui sinergi dengan Gojek mencapai Rp 125 miliar perbulan atau sekitar Rp 1,5 triliun per tahun. Hitungan dengan didasari bahwa jumlah pengemudi Gojek sebagai pengecer (reseller) terus tumbuh secara tahunan.

Hal ini terlihat dari kenaikan transaksi pembelian paket di GoPulsa dan paket data di aplikasi MyTelkomsel menggunakan GoPay. Sementara, merchant GoFood juga bisa menggunakan paket data Telkomsel.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT