GOTO Buka-bukaan soal Kabar Obral Saham Rp 2

ADVERTISEMENT

GOTO Buka-bukaan soal Kabar Obral Saham Rp 2

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 17:52 WIB
Public Ekspose GoTo
Foto: Screenshoot YouTube Gojek
Jakarta -

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) buka-bukaan soal ramainya informasi saham GOTO dijual seharga Rp 2 saja. Perusahaan menjelaskan harga saham Rp 2 merupakan pelaksanaan yang harus dibayar peserta program opsi saham karyawan atau Employee Stock Ownership Program (ESOP).

Direktur dan Chief of Human Resources Officer GOTO Melissa Siska Juminto menegaskan tidak ada peserta ESOP GOTO yang menjual saham ke pasar dengan harga Rp 2.

"Kami mengklarifikasi tidak perserta ESOP atau opsi saham perusahaan menjual ke pasar dengan harga Rp 2. Program ESOP merupakan program yang juga dilakukan oleh berbagai perusahaan, ini berkaitan dengan kinerja perseroan ini juga sudah disampaikan dalam prospektus IPO perseroan," jelasnya dalam public expose, Kamis (8/12/2022).

Jadi, harga saham Rp 2 merupakan nilai yang bisa dibayar hanya oleh karyawan GOTO dalam program ESOP. Hal itu bisa dilakukan setelah lock up selesai.

"Setelah periode lock up selesai, peserta program dapat melaksanakan opsi saham mereka dengan cara membeli membayar opsi saham yang dimilikinya, sebesar Rp 2," tuturnya.

Setelah program ESOP selesai dan melakukan pembayaran, karyawan bisa menjadi pemegang saham perusahaan. Seperti pemegang saham dalam program saham ritel lainnya.

"Penting untuk dicatat program ESOP ini bukan berarti peserta ESOP otomatis menjual sahamnya," tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan GoTo, RA Koesoemohadiani, juga telah membuka soal isu harga saham GOTO dijual Rp 2. Memang telah ditegaskan bahwa catatan transaksi saham itu merupakan pelaksanaan program opsi saham bagi karyawan.

Meskipun opsi saham ini diberikan secara cuma-cuma kepada setiap partisipan sebagai bonus dan/atau imbalan atas masa bakti atau jasa yang diberikan oleh partisipan, tapi setiap partisipan harus membayar penuh harga pelaksanaan opsi saham kepada Goto Peopleverse Fund (GPF) untuk dapat memperoleh saham GoTo.

"Caranya GPF mengalihkan saham GoTo yang dimilikinya melalui pasar negosiasi kepada para partisipan yang melaksanakan hak opsi sahamnya," Koesoemahadiani menjelaskan.

Harga pelaksanaan opsi saham, sebagaimana juga tercantum dalam prospektus, berkisar antara Rp 2 sampai Rp 202 per saham, bergantung pada perjanjian opsi saham antara GPF dan masing-masing karyawan.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT