Susul Emiten Cap Tikus, Produsen Wine Bali Juga Lagi IPO

ADVERTISEMENT

Susul Emiten Cap Tikus, Produsen Wine Bali Juga Lagi IPO

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 05 Jan 2023 13:33 WIB
Wine Ternyata Bikin Kadar Kolesterol Naik
Ilustrasi Wine (Foto: Getty Images/iStockphoto/freeskyline)
Jakarta -

Produsen minuman beralkohol akan meramaikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di awal tahun 2023. Selain produsen Cap Tikus 1978, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk, produsen minuman keras lain yakni PT Hatten Bali Tbk juga akan melantai di BEI.

Seperti dikutip dari prospektus perusahaan, Kamis (5/12/2023), dalam penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) ini perusahaan menawarkan 678 juta saham atau sebanyak 25,02% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum.

Harga saham yang ditawarkan sebesar Rp 129 per saham. Dari aksi korporasi ini, perusahaan mengincar dana segar sebesar Rp 87,46 miliar.

Masa penawaran umum berlangsung dari 3 hingga 6 Januari 2023. Kemudian, tanggal penjatahan 6 Januari dan distribusi 9 Januari 2023. Rencananya, saham perusahaan dicatatkan pada 10 Januari 2023.

Rencananya, sekitar 20% dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja perseroan yakni untuk meningkatkan brand awareness khususnya di luar Bali, seperti biaya event, merchandise, sponsorship, dan sosial media.

Kemudian, sekitar 80% akan disalurkan untuk penyetoran modal kepada anak perusahaan yaitu PT Arpan Bali Utama yang akan digunakan untuk pembelian bahan baku buah anggur, jus anggur dan bahan-bahan pembantu seperti botol, label, kardus dan lainnya.

Untuk diketahui, Hatten Bali didirikan oleh Ida Bagus Rai Budarsa pada tahun 2000. Pada saat didirikan perseroan baru membuat satu produk yaitu dengan merek ROSÉ yang dibuat dari varietas anggur asli Bali.

Saat ini, perseroan memiliki beberapa varian wine yaitu Aga White, Sweet Alexandria, Aga Rosé, Aga Red, Sweet Syrah, Tunjung Brut Sparkling, Jepun Sparkling Rosé, Pino De Bali, Bali White, Bali Rosé , Bali Red dan lainnya.

Perusahaan juga memiliki partner dan agen/distributor yang tersebar di kota-kota dan provinsi di Indonesia seperti Surabaya, Maumere, Labuan Bajo, Kupang, Serui, Merauke, Timika, Lombok, Palangkaraya, Biak, Kendari, Makassar, Palu, Manado, Flores, Sorong, Ambon, Balikpapan, Pontianak dan Sumba.

Lihat juga video 'Polisi Gerebek Gudang Miras Siap Edar di Rancaekek Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT