Menimbang Waktu yang Tepat Bagi Pabrik Migor BUMN Melantai di Bursa

ADVERTISEMENT

Menimbang Waktu yang Tepat Bagi Pabrik Migor BUMN Melantai di Bursa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 06 Jan 2023 14:51 WIB
Infografis rencana penghapusan minyak goreng curah
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta -

Sub holding Palm Co yang berada di bawah PTPN Group berencana melakukan penawaran umum perdana alias IPO tahun ini. Pengamat Pasar Modal Lucky Bayu Purnomo memprediksi saham Palm Co saat IPO nanti akan sangat diminati investor karena memiliki aset besar dan akan signifikan menambah kapitalisasi pasar saham domestik.

Luas lahan Palm Co diketahui di atas 500 ribu hektare dan ada bank tanah yang bisa dikembangan. IPO menurutnya menjadi langkah yang tepat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki perusahaan.

"Kalau kondisi fundamental perusahaan saya kira bagus karena bisa dilihat dari total aset, memiliki kapitalisasi pasar besar, sehingga menggerakkan aktivitas saham. Apalagi nilai asetnya bisa di atas Rp 100 triliun," ujar Lukcy dalam keterangannya, Jumat (5/1/2023).

Lucky mengatakan jika ingin melakukan IPO, waktu yang tepat adalah sekitar Maret atau April 2023. Menurutnya IPO jangan sampai dilakukan di awal tahun karena saat ini pelaku pasar masih melakukan konsolidasi terhadap prediksi pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Selain itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih rawan koreksi. Dari sisi teknikal, dia mengatakan setelah IHSG mencapai titik stabilnya di batas bawah, maka saat itulah waktu yang tepat untuk menawarkan saham perdana kepada investor karena harga akan naik.

"Palm Co harus merancang market timing atau waktu pasar yang tepat. Menurut saya adalah tiga atau empat bulan ke depan, seperti Maret atau April. Karena nantinya sentimen harga komoditas yang akan mendorong menguatnya harga CPO," sebut Lucky.

Nilai aset Holding PTPN Group hingga Semester II/2022 mencapai Rp 149 triliun meningkat sebesar 10,32% dari periode yang sama tahun lalu. Sejak melakukan reorganisasi, nilai aset PTPN Group menunjukkan tren naik.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT