Cuannya Kakak! Ini Sederet Investasi Tokcer di 2023

ADVERTISEMENT

Cuannya Kakak! Ini Sederet Investasi Tokcer di 2023

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 10 Jan 2023 10:22 WIB
BATH, UNITED KINGDOM - SEPTEMBER 25: In this photo illustration, British GDP £1 coins and bank notes are pictured on September 25, 2022 in Bath, England. The UK pound sterling fell to its lowest level against the U.S. dollar since 1985, as concerns grew at the prospect of a surge in the UK government borrowing to pay for the multiple tax cuts, announced in Conservative Party chancellor Kwasi Kwarteng’s mini-budget. The fall in the value of sterling is also contributing to the UKs cost of living crisis, as inflation hits a near-30-year high. (Photo Illustration by Matt Cardy/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Matt Cardy)
Jakarta -

Memasuki awal tahun 2023, banyak ekspektasi pasar yang berubah dari pandangan tahun sebelumnya. Apalagi, gejolak perekonomian global masih terus menghantui, hingga membuat masyarakat patut berhati-hati dalam berinvestasi.

Namun jangan khawatir, pakar memproyeksikan, beberapa instrumen investasi ini masih punya potensi cuan yang besar, apa saja?

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, valuta asing (valas) bisa menjadi salah satu pilihan strategis untuk investasi di tahun ini, terutama untuk mata uang poundsterling dan euro.

"Euro-IDR, Poundsterling-IDR. Karena harganya relatif lebih murah untuk saat ini," ujarnya, saat dihubungi detikcom, Senin (09/01/2023).

Menurut Ibrahim, momentum ini merupakan saat yang tepat untuk membeli kedua mata uang tersebut, mengingat penurunan harga yang relatif jauh dari harga sebelumnya. Sebut saja poundsterling harganya di kisaran Rp 19.000 sementara euro di Rp 17.000 saat sebelum COVID-19, sementara kini harganya berada di kisaran Rp 16.000.

"Tahun ini kemungkinan masih akan naik, tetapi di 2024 itu kemungkinan akan menyentuh di level sebelumnya, yang poundsterling di Rp 19.000 dan euro Rp 17.000. Tapi kalau seandainya sekarang membeli, kemungkinan cuannya cukup besar ya," katanya.

Kondisi ini pun tidak terlepas dari perang Rusia-Ukraina. Apabila perang berakhir, keran sanksi ekonomi akan dibuka kembali, sehingga kondisi Eropa dan Inggris akan kembali ke sedia kala.

Tidak hanya itu, menurutnya, emas menjadi salah satu komoditas yang juga cukup menjanjikan. Hanya saja, menurutnya harga emas saat ini sudah cukup tinggi sehingga masyarakat sebaiknya menahan untuk menjual maupun membeli.

Ia memprediksikan pada bulan Februari mendatang harga emas akan kembali jatuh lagi, bisa menyentuh US$ 1.550 per troy once. Setelah itu, harganya bisa naik ke US$ 2.100 per troy ounce

Sementara untuk instrumen lainnya, diproyeksikannya investasi di saham masih cukup bagus. Lain halnya dengan kripto, yang menurutnya di 2023 ini tahun jelek untuk kripto. Meski saat ini nilai kripto sedang naik di Rp 17.000-an, menurutnya, kemungkinan besar instrumen ini akan turun kembali ke angka terendahnya di Rp 14.000.

"Saham ini masih cukup bagus karena saat ini investor-investor yang tadinya melakukan investasi di aset kripto, dengan jatuhnya aset kripto ini, para milenial itu akan kembali menginvestasikan dananya di saham sehingga booming kembali," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan, emas akan semakin berkilau di tahun ini, naik signifikan di kisaran Rp 1,5-1,6 juta per gram.

"Harga emas akan naik signifikan tahun ini di kisaran 1,5-1,6 juta per gram. Kita akan masuk pada fase emas sebagai aset pengaman disaat resesi," katanya, saat dihubungi terpisah.

Selain emas, menurutnya, instrumen investasi berbasis bunga mulai dari SBN ritel hingga deposito akan cenderung meningkat dari sisi imbal hasil minat karena tren kenaikan suku bunga yang agresif.

"Apalagi tahun ini diperkirakan BI akan naikan lagi 3-4 kali suku bunga acuan. Bagi masyarakat yang tidak punya banyak waktu, reksadana pendapatan tetap juga menarik," pungkasnya.

Lihat juga video 'Airlangga: Target Investasi Tahun Depan Kita Rp 1.400 Triliun':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT