Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Apr 2019 16:35 WIB

Rekrutmen Tahun Lalu Belum Beres, Lowongan CPNS 2019 Tak Pasti

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Rencana pemerintah kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 belum jelas. Saat ini bahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menyelesaikan proses rekrutmen CPNS 2018 yang sempat tertunda.

Kasubbag Hubungan Media Dan Antar Lembaga BKN Diah Eka Palupi mengatakan, saat ini rekrutmen CPNS 2018 ada yang masih berlangsung di beberapa daerah yang sempat terkena bencana alam.

"Kalau terkait CPNS masih berproses itu. Sekarang kita masih menunggu pengumuman administrasi untuk CPNS 2018 yang sempat tertunda pembukaannya karena terkena bencana," kata dia kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (18/4/2019).


Beberapa wilayah saat ini sudah memasuki tahap seleksi kompetensi dasar (SKD), misalnya Provinsi Sulteng, Kota Palu, Parigi Moutong, Sigi, dan Donggala, sudah sampai tahap SKD pada 20-30 Maret 2019. Sementara itu di Papua, dia mengatakan proses pendaftarannya ditutup awal April kemarin.

"So far kalau yang terkait CPNS ini kondisi yang sekarang ini kan sudah hampir seluruh instansi membuka lowongan formasi 2018. Itu proses pengadaan CPNS-nya sudah hampir selesai. Jadi tinggal beberapa instansi yang sifatnya melengkapi dokumen," tambahnya.

Diah mengatakan, hingga kini belum ada kepastian kalau rekrutmen 2019 akan segera dibuka.

"Soal CPNS 2019 belum ada kepastian sampai saat ini," katanya.


Sebelumnya diberitakan, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir berharap agar proses seleksi CPNS 2019 dapat terlaksana sesuai dengan pernyataan Menpan-RB Syafruddin yang pernah menyebut rekrutmen bisa dilakukan pada Juni mendatang.

"Diharapkan bulan Juni bisa dilaksanakan seperti yang disampaikan oleh MenPAN-RB," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Namun beberapa bulan kemudian, Menpan-RB Syafruddin mengatakan, kemungkinan lowongan ini dibuka pada Oktober atau November tahun ini.

"Nanti, akhir tahun. Mungkin sama tahun lalu, Oktober atau November," katanya di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019). (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed