ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Jun 2019 14:31 WIB

Viral Ajakan Tryout Online CPNS 2019, Ini 7 Faktanya

Puti Yasmin - detikFinance
Viral Ajakan Tryout Online CPNS 2019, Ini 7 Faktanya/Foto: Pradita Utama Viral Ajakan Tryout Online CPNS 2019, Ini 7 Faktanya/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Viral ajakan tryout online calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di Instagram. Apakah informasi itu benar? Berikut faktanya.

Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk CPNS. Namun, masih banyak informasi simpang siur yang beredar di masyarakat.

Salah satu informasi yang beredar yakni pelaksanaan tryout online CPNS 2019 yang akan diadakan secara serentak di Indonesia. Informasi tersebut beredar di salah satu akun Instagram.

Dalam postingannya, tryout CPNS 2019 akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2019 pukul 19.00 WIB. Kode soalnya pun akan diperoleh setelah calon peserta mengisi data diri secara online.


Lantas, apakah informasi yang beredar benar? Berikut fakta yang dirangkum detikFinance:

1. Jadwal CPNS 2019

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan lowongan CPNS 2019 akan dibuka pada bulan Oktober. Hal itu dilakukan setelah pembukaan lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) atau pegawai setara PNS.

2. Jumlah CPNS yang Dibutuhkan

Jumlah lowongan CPNS yang akan dibuka tahun ini mencapai 254.173 lowongan. Hal itu disampaikan oleh Kasubbag Hubungan Media dan Antarlembaga BKN Diah Eka Palupi.

Menurut Diah, lowongan CPNS sebanyak itu di antaranya untuk kebutuhan pusat dan daerah. Untuk pemerintah pusat, ada total 46.425 orang dan daerah 207.748 orang.


3. Soal Ujian CPNS 2019 Akan Berbeda

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan panitia seleksi nasional (Panselnas) saat ini tengah mengevaluasi soal-soal yang dikeluhkan para peserta dalam seleksi sebelumnya. Artinya, soal akan berbeda dari sebelumnya.

Kata Ridwan, soal yang akan diberikan akan mengikuti tantangan zaman. Hal ini dilakukan agar CPNS dapat mengikuti dan menyesuaikan tantangan dalam melayani masyarakat.


4. Posisi yang Paling Dibutuhkan

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan untuk penerimaan CPNS dan P3K tahun ini akan diprioritaskan untuk tenaga di bidang kesehatan dan pendidikan.

5. Persyaratan CPNS

Persyaratan umum CPNS adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Kemudian, persyaratan khusus yakni berijazah magister/master (S2), sarjana (S1), dan Diploma (D3) sesuai formasi jabatan yang dipilih.

Kemudian, untuk lulusan S2 harus memiliki IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol), dan 2,65 (dua koma enam lima) untuk lulusan S1. Selanjutnya nilai TOEFL 400 untuk S1 dan 500 untuk S2, dengan usia minimal 18 sampai 30 tahun untuk S1 dan hingga 32 tahun untuk S2.

6. Cara Daftar CPNS

Pendaftaran CPNS dilakukan dengan mengisi formulir terlebih dahulu di situs milik BKN, yakni sscn.bkn.go.id. Kemudian, setelah itu mendaftar melalui situs online masing-masing kementerian atau CPNS daerah yang sudah diumumkan dan mengikuti alurnya.



7. BKN Imbau Soal Tryout Online CPNS


Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui postingan di Twitternya mengimbau masyarakat agar tidak percaya terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS dengan menggelar simulasi atau tryout yang bekerja sama dengan BKN. Pasalnya, semua informasi, misalnya terkait simulasi Computer Assisted Test (CAT) akan diinfokan melalui website dan media sosial resmi.

Semoga sukses mengikuti CPNS 2019! (pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com