Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Jul 2019 17:02 WIB

Biaya Seleksi CPNS 2019 Bisa Rp 0, Masa Sih?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: dok. Kemenpora Foto: dok. Kemenpora
Jakarta - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar tahun ini. Meski belum diputuskan waktu pastinya, tapi diperkirakan seleksi CPNS digelar Oktober.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan biaya seleksi CPNS tahun ini bisa nol rupiah. Namun ada sejumlah hal yang harus dicatat.

"Sehingga kalau dikatakan butuh biaya berapa could be zero," kata Ridwan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Ridwan menjelaskan ada empat opsi untuk membiayai seleksi CPNS 2019. Ia tak merinci pasti, namun proses seleksi bisa menggunakan anggaran dan fasilitas yang sudah ada.

"Jadi kalau bisa BKN pakai eksisting budget aja, pakai eksisting facility aja, tetapi tentu nggak cukup," ujarnya.


Ridwan mengatakan, BKN memiliki 31 fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar seleksi CPNS, sedangkan pemerintah daerah ada 77. Akan tetapi jumlah tersebut tidak cukup.

"BKN cuma punya 31 eksisting facility di seluruh Indonesia. Daerah ada 77 yang ready. Nah itu kurang," tuturnya.

Tambahan fasilitas atau gedung yang hisa dimanfaatkan untuk seleksi CPNS, lanjut Ridwan, bisa saja menggunakan gedung sekolah. Namun perlu disesuaikan juga penggunaannya dengan kegiatan belajar mengajar. Opsi untuk menggunakan ruang kampus juga bisa direalisasikan.

"Coba kita expand misalnya sekolah bisa digunakan nggak? Nah seperti PPPK tahap I kemarin kan pakai sekolah tapi tunggu dulu sekolah-sekolah kan punya agenda-agenda. Kemudian Kemenristekdikti dengan ratusan PTN-nya juga punya katakan asal ada LAN saja, ada misalnya lab bahasa Inggris gitu. Nah itu bisa dipakai. Ini yang sedang dijajaki," katanya.



Simak Video "Dear Job Seeker, 11 November 2019 Seleksi CPNS Resmi Dibuka!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com