Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 12:36 WIB

Waspada! Ini Ragam Modus Penipuan Lowongan CPNS

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Di tengah ramainya kabar pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dimulai pada 11 November 2019 mendatang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengimbau agar calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan adanya penipuan terkait seleksi CPNS 2019.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan yang diteken Tjahjo soal penerimaan pegawai negeri sipil.

"Kami mengingatkan agar para calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019," mengutip surat keputusan yang diteken Tjahjo, Senin (28/10/2019).


Lalu, apa saja kasus penipuan CPNS yang sering terjadi?

Pemalsuan Tanda Tangan Dokumen
Salah satu kasus penipuan CPNS yang paling sering terjadi adalah pemalsuan dokumen, terutama pemalsuan tanda tangan.

"Contohnya ada laporan pemalsuan tanda tangan Kepala BKN, Sekretaris BKN, dan beberapa kantor regional BKN di 14 provinsi Indonesia," jelas Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Kantor Pusat BKN, Jumat (21/6/2019) lalu.

Ridwan mengatakan, pemalsuan tanda tangan sebenarnya dapat diketahui dengan mudah karena dokumen CPNS dari BKN sudah tidak menggunakan tanda tangan basah atau manual, melainkan menggunakan tanda tangan digital.

"Untuk tahun ini mulai tahun 2018, pertimbangan teknis (pertek) CPNS yang dikeluarkan BKN itu sudah tidak ada tanda tangan basah lagi dari Kepala BKN. Kami sudah menggunakan tanda tangan digital atau digital signature," jelas Ridwan.

Klik halaman selanjutnya >>> (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com