Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Nov 2019 17:00 WIB

Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, Waspada Marak Penipuan!

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pendaftaran lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka besok, Senin 11 November 2019. Biasanya di tengah momentum dibukanya pendaftaran CPNS akan banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan hal tersebut. Modus penipuannya pun beragam.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, modus yang umumnya terjadi adalah penipuan pada simulasi seleksi CPNS.

"Modus-modusnya banyak spektrumnya nih, mulai dari penipuan tryout resmi CAT (Computer Assisted Test) BKN," kata dia saat dihubungi detikcom, Jakarta, ditulis Minggu (10/11/2019).

Biasanya oknum curang tersebut mengadakan simulasi ujian CPNS, baik seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB) di hotel-hotel dan ujung-ujungnya meminta bayaran kepada peserta dengan mengatasnamakan BKN.

"Itu berbayar dan ngaku-ngaku ini resmi dan itu di hotel (diselenggarakan simulasinya)," sebutnya.

Biasanya mereka juga mengiming-imingi bahwa soal ujian dalam simulasi tersebut adalah yang diujikan pada seleksi tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya untuk menarik minat masyarakat. Padahal soal ujian CPNS adalah rahasia negara sehingga tidak akan bocor ke publik.

"Ada lagi di dalam simulasi itu soal 2018, nggak mungkin. Soal SKD dan SKB itu rahasia negara, tidak akan pernah keluar. Bahkan kami pun tidak tahu," jelasnya.

Simak Video "Dear Job Seeker, 11 November 2019 Seleksi CPNS Resmi Dibuka!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com