Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Nov 2019 19:10 WIB

Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, Ini Jadwal Seleksi Selanjutnya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sudah diumumkan. Sedangkan pendaftarannya dimulai besok, Senin 11 November 2019. Lalu alur seleksi selanjutnya apa saja? dan kapan pelaksanaannya?

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pernah menyampaikan jadwal lengkap seleksi CPNS. Pertama pendaftaran yang dibuka mulai besok. Selanjutnya 16 Desember 2019 hasil seleksi administrasi akan diumumkan.

"Penjadwalan itu, pengumuman dan pendaftar mulai 11 November sampai 24 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pendaftaran yang memenuhi persyaratan 16 Desember, ini lah siapa-siapa yang berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar," kata Bima ditulis Minggu (10/11/2019).

Selanjutnya pelamar diberikan waktu untuk memberikan sanggahan apabila tidak lolos pada seleksi administrasi. Waktu sanggahan diberikan selama tiga hari sejak 16 Desember.

"Untuk yang tidak lulus atau tidak memenuhi syarat, ada masa sanggah selama 3 hari. Ketika diumukan 16 Desember sampai 19 Desember," jelasnya.

Berikutnya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada Februari 2020, namun bisa saja maju ke pertengahan Januari.

"Tes SKD pada awal Februari. Tapi apabila kementerian lembaga yang sudah siap bisa kita mulai lebih awal, pertengahan Januari bisa kita lakukan," terangnya.

Lalu bagi peserta yang lolos SKD berhak maju untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes ini akan dilakukan pada April.

"Setelah SKD untuk pelaksana kompetensi bidangnya pada April. Jadi April sudah selesai semua penerimaan CPNS. Antisipasi untuk penerimaan CPNS 2020," tambahnya.




Simak Video "Dear Job Seeker, 11 November 2019 Seleksi CPNS Resmi Dibuka!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com