Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 14:10 WIB

Isu Radikalisme akan Jadi Soal di Tes CPNS

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Isu soal radikalisme di Indonesia akan menjadi soal di tes Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain itu, passing grade di tes CPNS kali ini juga diturunkan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan aturan tersebut merupakan evaluasi dari tahun lalu.

"Tidak (menurunkan kualitas), karena ada soal radikalisme masuk. Jadi isu-isu kebangsaan. Kalau tidak, kemarin tuh sampai ada beberapa kabupaten atau kota nggak ada yang lulus. Kan kasihan juga kami butuh pegawai tapi dari hasil tes itu soalnya ketinggian. Makanya kemudian diubah, soal wawasan kebangsaan, Pancasila, ancaman secara umum tentang radikalisme," kata Tjahjo di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).

Terkait keluhan mengenai website pendaftaran yang sulit diakses, Tjahjo mengaku terus melakukan pembenahan. Dia menyebut hingga saat ini tidak ada masalah berarti dalam sistem pendaftaran tersebut.

"Sudah di-update karena itu kewenangan BKN. Kami tiap hari update, passing grade juga, semalam juga sudah. Jadi secara prinsip baru 1 hari minatnya luar biasa. Hanya memang baru teman-teman baru melihat-lihat, memilih mana karena nggak boleh 2 to? Saya kira nggak ada masalah," ucapnya.

Tjahjo meneken peraturan yang ditandatangani 11 November 2019 itu, yang memuat nilai ambang batas untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Inteligensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65.

Sementara itu, ambang batas nilai SKD CPNS 2018 diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Peraturan itu memuat nilai ambang batas untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 143, Tes Inteligensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75.

Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(fdu/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com