Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Nov 2019 11:30 WIB

BKN Ingatkan Pelamar CPNS Tak Pakai Jimat saat Tes

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi Jimat. Foto: Dok. BKN. Ilustrasi Jimat. Foto: Dok. BKN.
Jakarta - Minat masyarakat untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) selalu tinggi. Demi berebut untuk jadi abdi negara, tidak jarang peserta memilih menggunakan hal-hal berbau klenik seperti jimat untuk memuluskan langkahnya dalam tes CPNS.

Pada seleksi CPNS 2018 misalnya, petugas pernah mendapati jimat saat menggeledah peserta seleksi CPNS sebelum memasuki ruang tes.

Untuk menghindari itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono berpesan agar peserta CPNS 2019 lebih baik persiapkan diri dengan belajar ketimbang berharap pada hal-hal berbau klenik seperti jimat.

"Lebih baik persiapkan diri mulai dari sekarang. Ini kan masih lama ya waktunya, tahun depan, masih ada waktu untuk belajar daripada nyari jimat gitu," kata Paryono saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/11/2019).


Menurutnya, saat ini akses untuk mendapatkan bocoran-bocoran soal seputar CPNS sudah mudah ditemukan. Sehingga peserta bisa belajar dari soal tersebut daripada harus mencari jimat.

"Daripada cari0cari gitu (jimat) lebih baik gunakan untuk belajar. Belajar dari aplikasi yang online kan ada juga tuh banyak, atau belajar juga melalui buku kan banyak juga tuh dijual soal," ujarnya.

Paryono bilang, sudah bukan zamannya jika saat ini masih mengandalkan jimat. Apalagi peserta CPNS yang rata-rata diisi oleh generasi milenial.

"Anak milenial kok masih percaya seperti itu kan nggak logis sebenarnya," pungkasnya.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com