Corona Serang RI, Lowongan CPNS 2020 Tetap Dibuka?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Mar 2020 13:38 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial membuka pelaksanaan tes CPNS Kota Bandung. Tes CPNS itu digelar di Graha Batununggal, Kota Bandung.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Virus corona telah positif menjangkit Indonesia, dua orang Depok dinyatakan positif tertular corona. Meski begitu, pemerintah menegaskan bahwa perekrutan CPNS di tahun 2020 tetap dibuka.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan setiap harinya banyak pegawai negeri sipil yang pensiun, dengan begitu jabatan yang ditinggal pensiun akan kosong. Untuk itu, perekrutan pegawai baru tetap dibutuhkan.

"Ini kan sistem, ya tiap hari ada yg pensiun kan harus diisi. Jadi nggak bisa sistemnya, mesti harus tetap ada. Tetap jalan (perekrutan CPNS)," kata Tjahjo saat hadiri Rakor Kemendag 2020, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Ketika ditanya kapan akan membuka perekrutan CPNS 2020, Tjahjo enggan menjawab. Dia hanya mengatakan proses seleksi CPNS 2019 pun belum selesai.

"Ya tunggu aja. Ini aja belum selesai masih tes," kata Tjahjo.

Hingga kini, memang seleksi CPNS 2019 belum juga selesai. Seleksi sudah memasuki tahap tes SKD, dan menunggu pengumuman.

Kemudian tahap berikutnya akan ada tes SKB yang dilakukan di kementerian dan lembaga masing-masing. Mengenai tes SKB yang akan dilakukan, Tjahjo pun mengatakan sudah meminta penyelenggara tes di setiap instansi untuk memperketat pemeriksaan peserta.

Dia meminta agar ada pengukuran suhu tubuh saat tes dilakukan. Dia juga memastikan jadwal tes tidak diundur.

"Nggak ada kemunduran (jadwal tes). Nanti kan bisa dilihat suhunya gimana, kalau 37 ya masih aman," kata Tjahjo.



Simak Video "WNA Pasien Corona yang Meninggal Sebelumnya Dirawat di RS Sanglah"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)