Sempat Tertunda COVID-19, Ini Jadwal Terbaru Tes SKB CPNS 2019

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 15:36 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jadwal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 yang dinanti para peserta akhirnya mulai menunjukkan titik terang. Sebagaimana diketahui, lantaran ada pandemi COVID-19, jadwal SKB CPNS 2019 yang seharusnya dilaksanakan Maret lalu hingga kini masih ditunda. Penundaan SKB CPNS 2019 guna menghindari penularan COVID-19.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suherman, pelaksanaan tes tersebut akan digelar pada 1 September sampai 12 Oktober 2020 mendatang.

"Pelaksanaannya akan dimulai dari tanggal 1 September sampai dengan 12 Oktober, ini adalah jadwal sementara," ujar Suherman dalam Media Briefing Persiapan Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 di tengah COVID-19, Rabu (5/8/2020).

Meski begitu, proses pendaftaran ulang sudah dilaksanakan mulai 1-7 Agustus 2020. Dalam proses pendaftaran ulang tersebut, peserta dibebaskan memilih lokasi ujian. Kemudian dilanjutkan dengan pencetakan kartu Ujian SKB yang selambat-lambatnya harus dilakukan per 8 Agustus 2020.

"Itu waktunya adalah tanggal 1-7 Agustus dan sekarang sedang berlangsung, nanti tanggal 7 Agustus baru sistem akan kita tutup dan mereka memilih lokasi ujian sesuai dengan lokasi wilayahnya mereka," sambungnya.

Selanjutnya, mulai tanggal 10-14 Agustus 2020, pihak BKN akan menyusun penjadwalan SKB lengkap dengan lokasi ujian berdasarkan yang dipilih oleh masing-masing peserta. Lalu, pada 18 Agustus 2020, BKN akan mengumumkan jadwal pelaksanaan SKB tersebut.

"Kita akan berusaha menyusun jadwal pelaksanaan ujian, yang tentu saja ini akan banyak sekali persoalan nanti di dalam pelaksanaannya terutama terkait dengan peserta-peserta. Kemudian setelah semua data masuk, kami akan menyusun penjadwalan siapa saja nanti yang ada di masing-masing titik lokasi tadi. Nanti tanggal 18 Agustus diharapkan kita sudah bisa mengumumkan jadwal pelaksanaan SKB secara detail," tuturnya.

Setelah itu, barulah tes SKB CPNS dimulai. Setelah tes usai dilaksanakan, pihak BKN akan mengolah hasil SKD dan SKB yang targetnya rampung paling lambat 18 Oktober 2020.

Untuk diketahui, seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei kemarin. Namun, karena pandemi COVID-19, Panselnas memutuskan SKB CPNS ditunda sementara sampai kondisi memungkinkan. Sementara ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu.



Simak Video "43 Wilayah di Indonesia Naik dari Risiko Sedang ke Tinggi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)