Lengkap! Cara Cek Hasil Seleksi CPNS

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 31 Okt 2020 08:30 WIB
Sejumlah CPNS mengikuti seleksi kompetensi bidang di Gedung JEC, Yogyakarta, Senin (7/9/2020). Tes tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.
Ilustrasi/Foto: Pius Erlangga
Jakarta -

Pengumuman hasil seleksi CPNS sudah keluar. Hal itu seiring telah diselesaikannya seluruh rangkaian proses seleksi yang prosesnya sudah dilaksanakan sejak 2019.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono mengatakan pengumuman hasil kelulusan CPNS bisa dilihat melalui website masing-masing instansi yang dilamar.

"Tergantung instansinya, mungkin sudah ada yang mengumumkan, mungkin ada yang belum. (Tapi serentak) hari Jumat," kata Paryono kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Sebelum mengakses situs resmi masing-masing instansi, kalian juga dapat mengecek kelulusan di website sscn.bkn.go.id. Caranya login ke akun SSCN 2019 melalui tautan sscndaftar.bkn.go.id/login. Isi username (NIK) dan password akun yang telah dibuat saat registrasi.

Setelah berhasil login, akan muncul pengumuman lulus atau tidak. Peserta yang dinyatakan lulus, akan muncul pilihan apakah ingin melanjutkan ke pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan pemberkasan atau ingin mengundurkan diri.

Apa tahapan yang harus dilakukan jika sudah lulus? Klik halaman selanjutnya.

Setelah melihat hasil CPNS 2020 dan dinyatakan lulus, peserta harus melakukan pemberkasan secara digital melalui akun masing-masing peserta di https://sscn.bk.go.id. Pertama-tama peserta diminta mengisi DRH.

Kelengkapan dokumen pemberkasan yang harus diunggah peserta akan digunakan sebagai dasar pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Berikut berkas yang harus disiapkan:

1. Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah

2. Ijazah asli untuk lulusan dalam negeri /ijazah penyetaraan Dikti untuk lulusan luar negeri

3. Transkrip asli

4. Surat pernyataan 5 poin (lihat Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018)

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan

6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan

7. Surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah

8. Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja), dan DRH yang sudah ditandatangani.

Bagaimana dengan peserta yang tidak lulus? Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2