Ini Syarat Lengkap Daftar CPNS 2021 yang Dibuka April

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 10:03 WIB
Sejumlah CPNS mengikuti seleksi kompetensi bidang di Gedung JEC, Yogyakarta, Senin (7/9/2020). Tes tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.
Seleksi CPNS/Foto: Pius Erlangga
Jakarta -

Pemerintah akan kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Rencananya, pendaftaran lowongan CPNS 2021 mulai dibuka April mendatang.

"Rencananya bulan Maret 2021 akan ditetapkan formasinya, dan bulan April-Mei 2021 dibuka proses pendaftaran. Dan Juni 2021 mulai dilakukan seleksi," ujar Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko kepada detikcom, Sabtu (13/2/2021).

Tak tanggung-tanggung, kebutuhan PNS untuk rekrutmen kali ini ialah hingga 1,3 juta orang. Namun, untuk formasinya masih digodok dan akan segera diumumkan bulan depan.

"Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian," tambahnya.

Nah, agar tak kelewatan, penting untuk menyiapkan berbagai dokumen dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang. Berikut syarat lengkap CPNS yang dirangkum detikcom, Senin (15/2/2021):

Pada prinsipnya dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS 2021 tak jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pendaftaran CPNS 2019 misalnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan pernah menjelaskan, dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS yakni akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pas foto ukuran 4x6 dan swafoto.

"Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan kepada detikcom, 10 November 2019.

Scan KTP diperlukan untuk memastikan data kependudukan, pas foto dan swafoto untuk menyesuaikan pelamar dengan data KTP, dan scan ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju. Hasil scan dokumen mesti dipastikan terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses verifikasi pendaftaran.

Ridwan juga menjelaskan, banyak peserta CPNS yang kelabakan saat melakukan pendaftaran karena tidak menyiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari. Banyak pelamar yang baru men-scan dokumen di hari yang sama saat itu dibutuhkan.

"Jadi ada beberapa kasus yang di depan kepala saya sendiri itu yang diminta foto yang di-upload atau yang diunggah ijazah, minta ijazah yang diunggah kartu keluarga. banyak yang gitu-gitu. Karena itu dari awal di-scan saja semuanya," tambahnya.

Syarat lengkap pendaftarannya apa saja ya? Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2