Pendaftaran CPNS Dibuka Mei, Perlu Ikut Bimbel Nggak Ya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 13:10 WIB
Layanan Bimbel CPNS menjamur jelang pendaftaran yang dibuka pada Mei-Juni 2021
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sudah mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru tahun 2021 dibuka pada Mei hingga Juni.

Dengan jadwal pendaftaran yang semakin dekat, sederet layanan bimbel pun sudah banyak dibuka, apalagi di sekitar ibu kota, seperti Bimbel Akses di bilangan Bintaro misalnya.

CEO Bimbel Akses Pratama Suharyadi mengatakan ikut bimbel CPNS bisa menambah persiapan calon peserta seleksi CPNS. Pasalnya, dia menilai banyak materi tes CPNS yang memang belum dipelajari di tingkat sekolah ataupun perguruan tinggi.

"Materi CPNS kan memang nggak diajarkan di sekolah ya. Misalnya TKP, tes karakteristik pribadi, ini kan nggak diajarkan pas di sekolah. Nah pengajar kami di sini sudah ada pengalaman dan merasakan tes tersebut, jadi apa yang dirasakan sama mereka akan diajarkan di sini," ungkap Pratama ketika ditemui detikcom di kantornya, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (18/3/2021).

Pihaknya memberikan layanan ajar secara tatap muka maupun daring. Kalau pun ada yang mau belajar secara mandiri pihaknya akan memberikan satu paket pembelajaran tes CPNS.

"Kalau modul semua paket yang kami tawarkan pasti dikasih buat belajar-belajar," kata Pratama.

Layanan Bimbel CPNS menjamur jelang pendaftaran yang dibuka pada Mei-Juni 2021Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance

Masih di sekitaran Bintaro, ada juga Bimbel Newtonsix yang memberikan layanan bimbel CPNS. Staf Newtonsix Wahyu juga menyebutkan banyak materi yang belum pernah diajarkan di tingkat pendidikan umum, maka dari itu ikut bimbel CPNS bisa meningkatkan persiapan calon peserta seleksi CPNS.

"Jadi banyak sekali materi ini, soal-soal ini belum pernah diajarkan. Kalaupun yang sudah pernah di tingkat sekolah atau kampus kan bisa aja lupa, makanya ikut bimbel penting untuk persiapan," ujar Wahyu saat dikunjungi detikcom di kantornya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Tonton Video: Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2